close
NUSANTARA

PARKIR TERMAHAL DI INDONESIA, ilegal di tempat wisata Lembang Rp 125.000.00

Parkir Termahal di Indonesia " objek wisata Farmhouse " Lembang, Bandung.

BANDUNG, PRN.id – KUNJUNGAN wisatawan ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat pada libur Lebaran lalu tercoreng persoalan parkir di objek wisata Farmhouse. Penarikan parkir sebesar Rp 125.000 per kendaraan mengundang reaksi wisatawan.

“Tarif parkir sampai Rp 125.000 per kendaraan itu sudah tidak wajar. Parkir di mal-mal Jakarta saja paling tinggi sekitar Rp 30.000. Bisa jadi ini tarif parkir termahal di Indonesia,” kata Kepala Bidang Teknik dan Prasarana Dishub KBB, Ahmad Fauzan di Ngamprah.

Diungkapkannya, parkir yang dikenakan bagi wisatawan di Farmhouse oleh warga setempat bukan hanya tarifnya yang mahal tapi juga ilegal. Pasalnya, penarikan parkir tersebut tanpa melibatkan Dishub KBB dan di luar kewenangan pengelola Farmhouse.

“Warga memanfaatkan lapangan atau lahan yang berada di sekitar Farmhouse sebagai tempat parkir. Pada prinsipnya, siapapun boleh mengelola parkir tapi harus normatif jangan melanggar aturan. Tarifnya pun harus wajar jangan seenaknya. Bagaimanapun juga memberlakukan tarif parkir yang terlalu mahal, bukan hanya bisa merusak citra Farmhouse tapi lebih luas lagi dunia pariwisata di KBB,” tuturnya.

Fauzan menegaskan, karena tarif itu dipandang sudah tidak wajar dan ilegal maka harus dihentikan. Warga tidak boleh lagi memungut parkir sebelum ada keputusan musyawarah dengan Dishub KBB, dan Farmhouse.

“Secepatnya akan kita gelar pertemuan yang melibatkan warga, Farmhouse, dan Dishub KBB. Nanti akan kita sampaikan standar tarif parkir sesuai peraturan daerah (Perda). Warga tetap diperbolehkan menarik parkir asal legal dan tarifnya sesuai aturan,” tandasnya.

Ia mengaku, belum secara resmi menerima pengaduan dari masyarakat yang merasa keberatan dengan besaran tarif parkir tersebut. Namun, Dishub KBB sudah mendapat informasi terkait dengan persoalan tersebut dari media.

“Saya berharap dari pertemuan itu bisa menuntaskan persoalan parkir di farmhouse. Jujur saja, baru kali ini mendapat kabar tidak sedap terkait dengan parkir di objek wisata. Tentunya kejadian ini jangan sampai terulang lagi, agar citra baik pariwisata di KBB dapat terjaga dengan baik,” harapannya. (prapto)

Tags : BANDUNGPARKIR TERMAHAL
putri pena

The author putri pena

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: