close
NUSANTARA

Mutasi Polri : 5 Kapolda Diganti, 23 Jenderal Digeser

Foto : ilustrasi

JAKARTA, PRN.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian kembali melakukan mmutasi sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen). Mutasi Polri kali ini menggeser posisi 23 jenderal, termasuk lima kapolda.

Mutasi polri tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor: ST/2023/VIII/2017 tertanggal 25 Agustus 2017. Surat Telegram Kapolri ditandatangani AS SDM Kapolri, Irjen Arief Sulistiyanto. Lima Kapolda yang terkena mutasi yakni Kapolda Jabar, Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel), Kapolda Riau, Kapolda Sulbar, dan Kapolda Lampung.

  1. Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakalemdiklat. Posisi Kapolda Jabar akan diisi oleh Irjen Agung Maryoto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumsel.
  2. Jabatan Kapolda Sumsel yang ditinggalkan Irjen Agung akan diisi oleh Irjen Zulkarnain yang sebelumnya menjabat Kapolda Riau.
  3. Jabatan Kapolda Riau yang ditinggalkan Irjen Zulkarnain akan dijabat oleh Irjen Nandang yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulbar.
  4. Sedangkan jabatan Kapolda Sulbar yang ditinggalkan Irjen Nandang diisi oleh Brigjen Baharuddin yang sebelumnya menjabat Karopaminal Divpropam Polri.
  5. Kapolda Lampung Irjen Sudjarno dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. Jabatan Kapolda Lampung akan diisi oleh Irjen Suroso yang sebelumnya menjabat Pati Baintelkam Polri.

Selain lima kapolda, lima wakapolda juga ikut diganti, yakni Wakapolda Metro Jaya, Wakapolda Sumsel, Wakapolda Lampung, Wakapolda Gorontalo, dan Wakapolda Papua Barat.

“Dimohon kepada jenderal agar para pati/pamen Polri tersebut diperintahkan untuk segera melaksanakan tugas yang baru paling lambat 14 hari, terhitung mulai tanggal ditetapkan keputusan mutasi dan melaporkan pelaksanaannya,” demikian dikatakan Arief Sulistiyanto dalam Surat Telegram tersebut. (red/nt)

Tags : JakartaMutasi Polri
putri pena

The author putri pena

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: