close
KABAR JATIM

HRD PT. Dwi Prima Sentosa 2 Ngawi Diduga ‘Langgar’ UU Nomor 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan dan Kesehatan Tenaga Kerja

Ngawi, penarakyatnews.id – Kinerja HDR (Human Resources Departement) PT. Dwi Prima Sentosa 2 Ngawi, perusahaan yang bergerak di bidang produksi sepatu patut dipertanyakan, pasalnya dirinya diduga tidak mau tau terkait keselamatan dan kesehatan tenaga kerjanya.

Apabila di telaah lebih lanjut terkait tugas dan fungsi HRD adalah departemen dalam perusahan yang bertanggung jawab menangani  pengelolaan SDM atau karyawan dalam suatu perusahaan atau organisasi, HRD bertanggung jawab untuk memastikan perusahaan mendapatkan karyawan-karyawan terbaik. Oleh sebab itu, dalam hal penerimaan karyawan, HRD adalah pihak yang dinilai paling bertanggung jawab untuk mengelola proses seleksi. Setelah penerimaan, tugas selanjutnya adalah memaksimalkan kemampuan terbaik karyawan tersebut untuk melayani perusahaan secara lebih baik. Kebanyakan perusahaan, orang HRD memiliki latar belakang pendidikan psikologi. Dalam proses wawancara, mereka biasanya memegang peranan penting.

Namun berbeda dengan Eko (panggilan keseharian HRD PT. Dwi Prima Sentosa 2 Ngawi, red) yang kabarnya baru menjabat, menurut keterangan dari beberapa tenaga kerja kontraan yang mayoritas perempuan dan tidak bersedia disebut namanya, sangat kecewa dan merasa keberatan dengan keberadaan Eko menjabat sebagai HRD, hal ini disebabkan karena Eko diduga menerapkan kebijakan yang tanpa memperhatikan faktor keselamatan dan kesehatan tenaga kerjanya.

Masih dalam keterangan para pekerja pabrik sepatu di ngawi, banyak rekan-rekan pekerja mendapatkan SP (surat Peringatan) hanya karena ijin sakit walaupun para pekerja ini melampirkan surat keterangan dari dokter saat melakukan ijin tidak masuk kerja, lupa tidak memakai masker aja juga langsung di SP dan masih banyak lagi kebijakan HRD Eko yang berlebihan dan membuat resah tenaga kerja.

“kamu boleh tidak masuk kerja kalau kamu benar-benar sakit dan tidak bisa jalan” salah satu cuplikan kata-kata yang di sampaikan oleh Eko kepada pekerja.

Sementara sampai berita ini diturunkan, kasak kusuk para pekerja PT. Dwi Prima Sentosa 2 Ngawi akan segera menggelar aksi kepada dihak perusahaan dan dinas ketenaga kerjaan daerah Ngawi. Bersambung..(sh07)

  

 

Tags : HRD AroganNgawi
putri pena

The author putri pena

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: