close
KABAR JATIM

Mengenang Sejarah Berdirinya Gereja Pantekusta Pusat Surabaya

Sidoarjo, penarakyatnews – Mengenal sejarah berdirinya GPPS (Gereja Pantekusta Pusat Surabaya ) Di Jl Ratu Ayu I/42 Desa Wage Kec Taman Sidoarjo. Yang sekarang di beri Nama Filadelvia.

Pada waktu itu Saya bertiga, Pak Mardiyanto, Pak, Sugiarto (Turus ) Pak Tumiran, dan saya bertiga datang ke GPPS Bpk Pdt  Jun Swi Rubino, Cbg JL Ketegan Sepanjang, dan  pada waktu itu belum ada orang Kristen di Desa Wage hanya saya bertiga dan saya dibimbing oleh Tante Tea, Pak  Sakius, Pak Paulus, Pak Manurung.

Kisah perjalanan saya menjadi orang Kristen, pada saat saya masih bujang belum menikah, dan saya bersama mbah Notokardi mbah Murani buk Rukanti , tapi semua keluarga belum masuk Kristen Pertama saya  mengajak ibuk dan mbah Noto, mbah Murani,Lek Supriadi sekeluarga, dan teman2 lainnya, waktu itu belum punya tempat untuk beribadah, kalau mau beribadah dari rumah ke rumah, dan saya berunding sama keluarga mintak di rumah saya di pakai untuk tempat Beribadah, dan mbah Murani, mbah Noto, semua menyetujui.

Dan jemaat Gereja Wage dulu atas Perjuangan Ibu Gembala Tante Tea, Pak Sakius, Pak Paulus, Pak Manurung, sehingga keluarga saya menjadi orang Kristen semua, dan sementara halaman rumah saya di pergunakan untuk tempat ibadah, di layani oleh Bpk Gembala Sakius dan Pak Paulus.

Karna Jemaat semakin bertambah pada tahun 05/1982 di buatkan tempat ibadah sama mbah Noto kardi di teras depan rumah dengan ukuran 4 X 6m, pelayanan jemaat digembalakan oleh Pak Pdt Manurung, sampai tahun 02/1983 terus digantikan Bpk Pdt Samuel Suwarno.

Perkembangan selanjutnya Mbah Noto memberikan sebidang tanah dengan ukuran 9 X 13m untuk jemaat Gereja Wage yang kini sudah di bangun, tempat tersebut diberi Nama Filadelvia, yang sekarang masih dilayani oleh Bpk Gembala Pdt Samuel Suwarno, Tanah dan Bangunan tersebut sudah menjadi sertifikat atas nama Pak Samuel Suwarno, dengan prosedur jual beli yang diduga kuat rekayasa.

Penulis : Mardiyanto pelaku Sejarah asal usul Berdirinya GPPS Di Jl Ratu Ayu I/42 Desa Wage Taman Sidoarjo.

Tags : Gereja GPPSSidoarjo
putri pena

The author putri pena

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: