30.8 C
Mojokerto
BerandaKABAR JATIMWisata Sumenep yang Diserbu Turis dan pengunjung lokal di liburan panjang natal...

Wisata Sumenep yang Diserbu Turis dan pengunjung lokal di liburan panjang natal dan tahun baru

SUMENEP, PRN. id – Madura, Jawa Timur, beberapa bulan terakhir gencar mempromosikan wisatanya ke publik. Hasilnya, terjadi peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke kabupaten ujung timur Pulau Garam itu.

Nah, pada libur panjang Natal dan Tahun Baru kali ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke beberapa destinasi wisata juga mengalami peningkatan dibandingkan hari biasa. “Naik 25 persen dari hari biasa,” kata Wakil Bupati Sumenep Ahmad Fauzi kepada awak media Pena Rakyat News. Kamis (28/12).

Wisata alam yang paling banyak diserbu oleh wisatawan sejak libur sekolah sampai menjelang Natal. Yakni Pantai Lombang sebanyak 4.440 orang, Pantai Sembilan di Gili Genting 3.858 orang, Pulau Gili Labak 2.011 orang, Pantai Badur 1.076 orang, Pulau Gili Iyang 306 orang, dan Water Park 4.720 orang.

Sebelumnya, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menjelaskan, sekira 800 ribu wisatawan berkunjung ke Sumenep hingga November 2017. Mereka masih didominasi wisatawan dari dalam negeri. “Kalau dari mancanegara setahun ini kurang lebih tiga ribuan orang,” ujarnya.

Dua kategori destinasi wisata yang kini gencar dipromosikan Sumenep. Yakni wisata kelautan dan wisata religi. “Destinasi alam, ada yang namanya (Pulau) Gili Labak, lalu Pantai Sembilan di Gili Genting, ada juga Pula Gili Iyang, kandungan oksigennya terbaik kedua di dunia,” kata Fauzi.

Wisata religi dan budaya ialah Keraton Sumenep, Masjid Jamik Sumenep dan Asta Tinggih (makam para Raja atau Adipati Sumenep). Wisata religi atau budaya ini satu paket. “Keraton Sumenep ini satu-satunya yang masih ada berdiri kokoh di Jawa Timur,” jelasnya.

Diharapkan, beroperasinya Bandara Trunojoyo dengan rute penerbangan Surabaya-Sumenep (PP) sejak beberapa bulan lalu mampu menggenjot jumlah wisatawan ke Sumenep. Direncanakan, rute baru Sumenep-Bali akan dibuka tahun 2018 nanti. “Nanti kalau rute baru bali-sumenep dibuka, pengunjung wisata dari Bali ke Sumenep bisa langsung,” ungkapnya.(erfandi/tim).

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini