close
KABAR JATIM

Pengelolaan WASERDA Koperasi Di Desa Purworejo Madiun Siap Bersaing Dengan Minimarket

dok.prn. Kepala Desa Purworejo Bambang Sumitro

PRN MADIUN – Unit warung serba ada (WASERDA) pada koperasi sudah merupakan usaha unggulan dan di bawah level unit Simpan Sinjam. Unit WASERDA ditujukan sebagai unit usaha pelayanan untuk kebutuhan sehari-hari bagi anggota koperasi itu sendiri, akan tetapi pada perkembangannya WASERDA selalu memenuhi kebutuhan sehari-hari anggota koperasi juga bias melayani masyarakat umum disekitar koperasi itu berada.

Dalam keberadaannya perkembangan unit WASERDA koperasi di hadapkan kepada beberapa persoalan, dan persoalan terbesar saat ini adalah bagaimana mengatasi komputitor dengan toko modern seperti minimarket, tetapi WASERDA koperasi mempunyai banyak keunggulan disbanding toko modern yang saatinimenjamurdansalahsatunyaadalah di unit WASERDA koperasi anggota / konsumen dapat dilayani dengan system kredit. Seperti yang ada di Desa Purworejo Kecamatan Pilang kenceng Kabupaten Madiun. Desa ini mulai membuka unit Warung Serba Ada (WASERDA) ± 8 Bulan yang lalu tetapi mampu bersaing dengan toko modern / minimarket terdekat.

Kepala Desa Purworejo Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun Bapak Bambang Sumitro kepada wartawan Pena Rakyat news  tanggal 14 Mei 2018 mengatakan“ Dalam sejarahnya Koperasi di Indonesia banyak yang sukses mengelola WASERDA atau Warung Serba Ada, hanya saja dalam perkembangannya WASERDA koperasi tidak mampu mengikuti perkembangan jaman sehingga ketika banyak partikel modern masuk Indonesia malah banyak WASERDA koperasi justru gulung tikar oleh karena itu kami mencoba membuka WASERDA ini dengan penataan dan pengelolaan dengan lebih profesional agar bias menjadi tempat yang nyaman bagi orang berbelanja.

Disamping itu Kepala Desa Bambang Sumitro juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas terkait agar membantu pelatihan – pelatihan supaya dikelola secara disiplin karena bisnis ritel ini merupakan bisnis yang unik, spesifik dan rumit.

“Harus bias membedakan mana uang usaha dan mana uang pribadi karena sudah banyak bisnis ritel yang bangkrut sebab tidak disiplin dalam mengelola uang Usaha dan uang Pribadi“ pungkasnya (Er)

Tags : MadiunSiap Bersaing
putri pena

The author putri pena

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: