close
LAWAN KORUPSI

Disangkakan Tilep Uang Tukar Guling, Kades Kedungrejo Dilaporkan Polda Jatim

PRN NGANJUK – Diduga Menyalahgunakan jabatan, Sujarwo Kepala Desa Kedungrejo Kecamatan Tangjung Anom, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Senin 14 Januari 2019.di laporkan ke Polda Jatim oleh LSM KOMPERTEP (Komite Perjuangan Tegaknya Peraturan) Kabupaten Nganjuk.

Saat laporan di Mapolda Jawa Timur, Soenoto, Ketua LSM KOMPERTEP Kabupaten Nganjuk Menjelaskan bahwa selama ini pihaknya telah melakukan Investigasi dan Menemukan beberapa data adanya penyimpangan, atau dugaan perbuatan korupsi di Desa Kedungrejo

Salah satu dugaan penyalewengan tersebut yaitu jual beli tukar guling tanah aset desa/kas Desa untuk pembangunan jalan Tol ruas Mantingan -Kertosono seluas kurang lebih 19.568 meter persegi atau dengan nilai dana penganti sebesar enam milyar seratus tujuh puluh juta tiga tujuh ratus delapan belas ribu rupiah.

“,Selanjutnya di belikan tanah penganti dari tanah masyarakat dengan luas yang sama tetapi kwalitas tanahnya tidak lebih dari sebelumnya. Harga tanah penganti hanya sebesar RP, 5.264.800.000.-sehingga ada selisih atau sisa yang tidak di masukan pada kas desa sebesar RP.908.918.000.” terang Soenoto.

Lanjut masih menurut Soenoto, uang kelebilan pembelian tanah yang sebesar Sembilan ratus delapan juta sembilan ratus delapan belas ribu rupiah tersebut di duga di gunakan secara pribadi oleh Kedes kedungrejo.

Soenoto sambil menunjukan beberapa bukti dan catatan mengaku heran karena hanya beberapa masalah yang di ungkap tersebut saja sudah terlibat adanya penyimpangan sebesar Satu milyar lebih. Tepatnya Rp. 1.328.918.000.oleh sebab itu, Pihaknya Melaporkan peemasalahan ini Ke Polda Jatim, dengan tembusan Mabes Polri, Irwada Polda Jatim, Propam Polda Jatim, Polres Nganjuk, JAMWAS Kejaksaan Agung RI. Kejati Jatim, ASWAS KEJATI Jatim, Bupati Nganjuk. Dan DPRD Nganjuk.

Ketua LSM KOMPERTEP Kabupaten Nganjuk ini meminta kepada Aparat Penegak Hukum dan instansi terkait untuk segera melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap semua oknum pejabat yang teelibat dalam kasus sebagaimana dilaporkan tersebut agar  tidak akan terjadi Korupsi yang lebih besar lagi.

“.Dari analisa temuan dan kesumpulan rincian tersebut dapat di indikasikan bahwa terdapat perbuatan melawan Hukum dengan menyalahgunaan wewenang dan jabatan sehingga mengakibatkan kerugian uang Negara dan Masyarakat dari Pejabat Pemerintah Desa Kedungrejo, Kami mohon agar untuk di lakukan tindakan Hukum oleh Aparat Penegak Hukum (APH) bila perlu tindakan penyitaan dokumen surat-surat yang terkait dengan perkara dimaksud, “harap Soenoto.

Jurnalis : Tobing/Megi

Tags : NganjukTilep Uang Ganti Rugi

Leave a Response

*