close
Keterangan Gambar dari kiri Dr Furiana Kartini, dr Siti Maifurah, dan Supeno Kades Sidomukti kec Plaosan Kab Magetan

PRN Magetan –  28 Januari 2019, Supeno Kades Sidomukti kec Plaosan Kab Magetan mengeluhkan penanganan Fogging yang lambat di desanya.  Seperti kita ketahui Demam berdarah adalah penyakit yang sangat berbahaya bahkan mematikan.

Kepada Penarakyatnews.id Kades Supeno mengatakan “Penduduk saya sudah 2orang yang terjangkit Demam berdarah, kami tidak mau penduduk lain jadi korban selanjutnya, apalagi kalau tidak segera di cegah maka kejadian tersebut bisa menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB)” tuturnya.

Pihak desa sudah mengajukan Fogging ke pihak Puskesmas Sumberagung Plaosan 2 minggu yang lalu tapi sampai berita ini diturunkan belum ada fogging yang diharapkan. Masyarakat desa tentu akan menyalahkan pihak desa bila tidak segera di tangani. Padahal desa sudah mengajukan fogging itu 2 minggu yang lalu.

Jangan sampai ada korban lagi akibat tindakan yang terlambat. Jangan sampai ideom viral dulu baru ada solusi terjadi pada kasus DBD di kab Magetan. Lebih pro aktif dan turun kebawah adalah kuncinya.
Saat Penarakyatnews.id melakukan penelusuran ke puskesmas Sumberagung yang mencover desa Sidomukti Plaosan dan ditemui oleh Kepala Puskesmas Sumberagungi Dr. Siti Maifurah mengatakan

“kami sudah melaporkan ke dinas Kabupaten Magetan dan masih menunggu giliran fogging. “katanya.

Selanjutnya Penarakyatnews.id menelusuri keterangan ke  Dr Furiana Kartini PLT Kepala Dinas Kesehatan Kab Magetan mengatakan ” Obat Fogging di Propinsi juga rebutan. Fogging dilakukan melihat urgensi nya, Tim saya di Dinkes ada 2 orang meskipun di tiap kecamatan ada tim lagi, agar lebih tepat sasaran dan rata rata satu hari ada 2 titik penyemprotan fogging.”

Masih menurut Furiana Kartini, “di Kabupaten Magetan ada 41 desa yang warganya terjangkit DB”imbuhnya, maka dari itu kami menghimbau agar masyarakat menggerakkan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk.) dengan gerakan 3M, yaitu Menguras,  dan mengubur media berkembang biaknya Nyamuk Aides Aigepti Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk.

Demam berdarah DBD dulu disebut penyakit “break-bone” karena kadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa retak.
Demam berdarah ringan menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi. Demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock), dan kematian. (Jurnalis  Beni S)

Tags : MAGETANWarga Kena Demam

Leave a Response

*