close

PRN Magetan – Rabu 13 Pebruari 2019 Kecamatan Kawedanan Kab Magetan menggelar kegiatan rutin tahunan yaitu Musrenbang Kecamatan Dalam rangka menyusun RKPD Tahun 2020.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Forkompimca Kecamatan Kawedanan, Tidak seperti tahun tahun sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan di gedung BUMDES Amanah Desa Pojok, yang juga merupakan tempat Pasar Pagupon (Pasar Minggu Pon) yang merupakan pasar tradisional desa setempat yang lagi hits karena memiliki kekhasan yang tidak dimiliki oleh pasar lain pada umumnya dimana semua penjual menggunakan baju khas Jawa (Batik Lurik).

Selain itu semua transaksi disini menggunakan replika uang benggol.

Dalam kegiatan ini seluruh undangan yang hadir mulai Bupati Magetan, DPRD Kab Magetan, perwakilan Forkompimda mengenakan baju batik lurik Jawa.

Bupati Magetan Suprawoto dalam sambutannya menuturkan “Saya bangga dengan karya warga desa Pojok,sehingga bisa menumbuhkan perekonomian yang unik, dan karya semacam ini seharusnya menjadi pemacu bagi desa lain di Magetan dalam memacu perekonomian bagi warganya”.tuturnya.

Camat Kawedanan Cahaya Wijaya kepada Penarakyatnews.id mengatakan” Alasan ditempatkannya Musrengbang Kecamatan dilakukan Di Pasar Pagupon adalah sebagai support pemerintah Kecamatan Kawedanan dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di wilayah Kawedanan “tuturnya.

Dalam kesempatan ini seluruh undangan melakukan transaksi menggunakan uang benggol saat akan mengambil konsumsi mereka. Tidak ketinggalan Bupati Magetan Suprawoto juga dengan antusias berbelanja di Pasar Pagupon ini.

Pasar Pagupon ini berlokasi di tepi hamparan persawahan padi sehingga menimbulkan nuansa alami, sekaligus pesona pedesaan yang mempesona.

Pasar Pagupon ini buka setiap 35 hari sekali yang menyajikan beragam menu tradisional jawa. Selain itu kelebihan pasar Pagupon ini adalah minimnya penggunaan plastik dalam cara penyajian maupun kemasan.

Semua menggunakan bahan alami yang ramah lingkungan, antara lain daun pisang dan jati juga penggunaan gelas kertas dalam penyajian minumannya.

Video kegiatan ini bisa di cek di http://www.youtube.com/c/BeniSetyawanMagetan Jurnalis ( Beni Setyawan)

Tags : MAGETANPasar Tradisional

Leave a Response

*