close

PRN Magetan Rabu 6/3/2019 Bertempat di Gedung Arsip dan Perpustakaan Bupati Magetan Suprawoto membuka dialog dua arah antara Pemerintah selaku pemegang kebijakan dengan unsur elemen Masyarakat yang kompeten dalam bidang perpustakaan dan kearsipan juga masyarakat yang tergabung dari berbagai organisasi kemasyarakatan, mulai dari Wukir Mahendra (Masyarakat pemerhati benda purbakala Magetan), KNPI, Mageti Art, Pekatik, Unipma, Perwakilan Sekolah di Magetan dan OPD terkait sejumlah 18 orang.

PLT Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Gatot Saputro Priyono. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab Magetan sebagai moderator dalam kegiatan tersebut.

Dalam dialog ini salah satu peserta mengusulkan agar gedung perpustakaan lebih mengedepankan arsitektur yang bernuansa budaya Jawa sehingga orang akan terkesan sebelum melakukan aktivitas membacanya.

Dalam kesempatan ini Bupati Magetan Suprawoto menungkapkan “Saya ingin agar diruang publik di Magetan ada semacam taman baca, sebagai contoh di Rumah Sakit Sayidiman saya ingin agar ada pojok baca sehingga baik itu pasien maupun penjenguk pasien bisa mengisi waktunya dengan membaca sehingga waktu mereka tidak jenuh selama dirawat di rumah sakit “ungkapnya.

Yunita Dosen UNIPMA menuturkan “Saya sangat prihatin akan koleksi di perpustakaan daerah Magetan yang kurang sehingga saat mahasiswa ingin mendapatkan buku untuk referensi susah di temukan di Perpustakaan daerah kab Magetan.” ujarnya

Hal senada juga diungkapkan oleh Thoha Rizala dari KNPI Magetan. Selain itu adanya usul agar di Perpustakaan di Magetan juga menyediakan koleksi buat kaum difable.

Baik itu braile maupun ruang audio visual agar kedepan kaum difable di Magetan bisa dijembatani semangat literasinya. Selain itu juga diusulkan agar perpustakaan juga dilengkapi semacam kedai kopi sehingga para pembaca lebih bisa betah lagi di perpustakaan. video kegiatan ini bisa di klik di https://youtu.be/HGxCrbRXsoE (Jurnalis :Beni Setyawan)

Tags : Dialog Elemen MasyarakatMAGETAN

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: