close
NUSANTARA

Bersama Puskesmas Cabrutan Lhoknga Berikan Penyuluhan dan Screning TBC kepada WBP

PRN ACEH – Dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia Tahun 2019 dan menindak lanjuti Surat Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Cabang Rutan Lhoknga melaksanakan kegiatan penyuluhan dan screning TBC bagi warga binaannya.Selasa/12-03.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk peran serta aktif Cabang Rutan Lhoknga dalam memberantas TBC  dalam momentum Hari Tuberkulosis  Sedunia Tahun 2019 dengan Tema “Saatnya Indonesia Bebas TBC, Mulai dari Saya”.

Cabang Rutan Lhoknga bekerjasama dengan Puskesmas Lhoknga melakukan penyuluhan dan screning terhadap warga binaan, guna pencegahan dan pendeteksian dini terhadap penyakit tubercolusis. Dalam kegiatan itu juga dibagikan leaflet dan brosur tentang penyakit TBC sehinggga warga binaan lebih paham dan mengerti gejala penyakit tersebut sehingga bisa secara dini terdeteksi untuk dilakukan pengobatan.

Menurut bagian kesehatan Cabrutan Lhoknga Rosi Fitria menjelaskan bahwa dengan diberikan penyuluhan dan screning TBC kepada warga binaan agar mereka selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sehingga bisa terbebas dari penyakit TBC tersebut “yang penring warga binaan yang ada di dalam selalu menjaga kebersihan dan selalu memeriksakan kesehatan secara rutin di klinik Rutan agar bisa mewaspadai bahaya penyakit TBC” terangnya.

Dalam kesempatan itu juga perawat dari puskesmas lhoknga Ibu Yuli Andriani mengatakan ” memang sangat penting bagi warga binaan dalam rangka menjaga kebersihan diri dan lingkungannya agar terhindar dari penyakit TBC sewaktu sedang mejalani pidananya di Rutan” jelasnya.

Diakhir kegiatan penyuluhan dan screning TBC terhadap warga binaan di Cabrutan Lhoknga ini dilakukan tanya jawab sehubungan dengan masalah tersebut dan diharapkan tidak ada yang berpenyakit TBC, namun apabila ada bisa secara cepat untuk ditangani dalam pengobatannya. (red).

Tags : AcehKerjasama Penyuluhan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: