close
KABAR JATIM

1573 anggota BPD se Kabupaten Magetan diambil Sumpahnya oleh Bupati Magetan

PRN Magetan – ( 13/3/2019) Bertempat di GOR Ki Mageti dilaksanakan pengambilan sumpah dan janji anggota BPD Desa desa se Kab Magetan sejumlah 1573 orang masa bakti 2019-2025.

Acara ini dihadiri unsur Forkompimda Kab Magetan, ketua DPRD kab Magetan Karmini, kepala OPD dan camat se Kab Magetan.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD dapat dianggap sebagai “parlemen”-nya desa.

BPD merupakan lembaga baru di desa pada era otonomi daerah di Indonesia.

Acara ini dibuka oleh Bupati Magetan Suprawoto. Dalam sambutannya Bupati Magetan Suprawoto mengatakan ” BPD harus bisa menampung aspirasi masyarakat dalam menjawab kebutuhan masyarakat desa, selain itu anggota BPD harus mampu menjalin komunikasi antar elemen masyarakat, langkah awal yang harus segera dilakukan adalah plaling lambat 3 hari setelah dilantik harus melakukan rapat anggota BPD agar membuat acuan program kedepannya”

Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kab Magetan Iswahyudi Yulianto kepada penarakyatnews.id mengatakan “untuk pelantikan ini keterwakilan perempuan dalam BPD menjadi salah satu concern kami, sehingga kedepan kemitraan BPD dengan pemerintahan desa akan lebih baik lagi, selain itu keberhasilan desa salah satu penentunya adalah kinerja BPD yang inovatif dan aktif.” ujarnya.

Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat.

Anggota BPD terdiri dari Ketua Rukun Warga, pemangku adat, golongan profesi, pemuka agama dan tokoh atau pemuka masyarakat lainnya.

Masa jabatan anggota BPD adalah 6 tahun dan dapat diangkat/diusulkan kembali untuk 1 kali masa jabatan berikutnya. Pimpinan dan Anggota BPD tidak diperbolehkan merangkap jabatan sebagai Kepala Desa dan Perangkat Desa.

Peresmian anggota BPD ditetapkan dengan Keputusan Bupati/Wali kota, dimana sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji secara bersama-sama dihadapan masyarakat dan dipandu oleh Bupati/ Wali kota.

Ketua BPD dipilih dari dan oleh anggota BPD secara langsung dalam Rapat BPD yang diadakan secara khusus. BPD berfungsi menetapkan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Wewenang BPD antara lain: Membahas rancangan peraturan desa bersama Kepala Desa melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Desa dan Peraturan Kepala Desa mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa membentuk panitia pemilihan Kepala Desa menggali, menampung, menghimpun, merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Video kegiatan ini bisa di klik di http://www.youtube.com/c/BeniSetyawanMagetan . (Jurnalis :Beni Setyawan)

Tags : MAGETANPengambilan Sumpah

Leave a Response

*