close
KABAR JATIM

Penilaian Presentasi Lomba Desa Tingkat Kabupaten Blitar

PRN BLITAR – Lima Desa di Kabupaten Blitar menghadiri  penilaian presentasi 5 besar Lomba Desa tingat Kabupaten tahun 2019. Sebelum dilakukan penilaian lapangan, kelima desa tersebut presentasi di hadapan tim panitia penilai dari Kabupaten Blitar di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Kamis (04/04/2019).

Lomba Desa tersebut bertujuan untuk menentukan status tertentu dari pencapaian perkembangan desa, serta untuk mengetahui efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blitar Mudjianto, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blitar Ny Ninik Rijanto, Ketua Tim Penilai Lomba Desa Kabupaten Blitar beserta anggota, Camat, Ketua Tim PKK Kecamatan dan Kepala Desa peserta Lomba Desa tingkat Kabupaten.

Dari kelima besar peserta yang mengikuti Lomba Desa tingkat Kabupaten tahun 2019. Yakni, Desa Soso Kecamatan Gandusari, Desa Kendalrejo Kecamatan Talun, Desa Karangbendo Kecamatan Ponggok, Desa Jiwut Kecamatan Nglegok, dan Desa Balerejo Kecamatan Wlingi.

Bupati Rijanto melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Blitar Mujianto mengatakan, penilaian lomba desa tersebut, rencananya akan digelar selama lima hari, yang dimulai pada 8-12 April mendatang. Lima desa yang lolos tersebut harus lebih mempersiapkan diri semaksimal mungkin.

“Dari lima tersebut nantinya akan dinilai untuk dipilih menjadi juara I Lomba Desa Tingkat Kabupaten Blitar, dan akan mewakili Kabupaten Blitar, mengikuti Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Timur,” ungkapnya.

Bagi desa yang menjadi juara lomba desa tingkat kecamatan, telah diberi hadiah kendaraan roda empat. Dengan hadiah ini, diharapkan bisa memacu desa lain dalam upaya mendorong pembangunan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, peningkatan kapasitas masyarakat, partisipasi masyarakat, penanggulangan kemiskinan, dan swadaya gotong royong masyarakat dalam pembangunan. (Gus/PRN)

Tags : BlitarPenilaian Prosentase

Leave a Response

*