close

Dari pengumuman pascakualifikasi sampai dengan penandatanganan kontrak ‘TIDAK ADA’ perubahan, namun pekerjaan tidak ada, kemana larinya 1 milyat…?

PRN MALANG – Tidak mudah mengungkap sisi kelam pekerjaan yang sudah sekian tahun terpendam,  namun perlu dipahami bahwa fakta data dan dokumen masih bertengger di LPSE Kabupaten Malang.  23/4/19.

Sebagai satu contoh soal hal tersebut,  proyek pemeliharaan jalan Hajokuncaran – Klebu kecamatan Sumbermanjing Wetan kabupaten Malang,  menurut data dari LPSE Kabupaten Malang per 23/4/19, terlihat jelas dalam tahapan tender nomor 3605247 dimenangkan oleh CV. ADHIJAYA SAKTI dan di tandatangani 28/4/16, terdapat 14 tahapan mulai dari Pengumuman pascakualifikasi sampai dengan penandatanganan kontrak  terlihat jelas ” TIDAK ADA PERUBAHAN” namun fakta dilapangan proyek senilai RP. 974.956.000.- dari pagu Rp. 1.000.000.000.- tidak ada pekerjaan pemeliharaan jalan Harjokuncaran – Klepu tahun 2016.

Hal ini dibenarkan oleh H.  Mansyur selaku exs Kepala Desa Harjokuncaran, saat dikomfirmasi pena rakyat news dirinya menyatakan bahwa di desanya saat itu tidak ada proyek apapun.

“Tidak ada proyek pemeliharaan jalan apapun mas,  memang jalan didesa kami ada tanda cat tapi cuman dikasih tanda saja,  sempat saya tanyakan kepada Ir. Agus Sugianto alias Agus Klewes (Kabid Peliharaan 2016, red) ,  tapi katanya danae sudah habis” ungkap H. Mansyur yang siap dijadikan saksi.

Begitu juga saat data ini dikomfirmasi kepada Sabarudin yang saat itu menjabat sebagai Kasi Pemeliharaan, dirinya mengarahkan agar awak media komfirmasi kepada H. Moh. Anwar (mantan Kadis PU Bina Marga, red).

Sementara saat awak media merangsak ke kediaman H. Moh. Anwar, dirinya mengatakan  dengan gemetar bahwa ada 15 tender pada saat itu yang tidak dikerjakan karena tidak ada dana,  namun ditahun yang sama yaitu 2016 H. Moh. Anwar telah melakukan pembelian tanah seluas lebih kurang 2 hektar dengan nilai perkiraan 1 milyat di daerah Tegalweru kecamatan Dau yang saat ini ditanami buah Jeruk dan berdiri 2 (dua)  rumah megah.  Bersambung.. (win/wid).

Tags : MalangTender Fiktif

Leave a Response

*