close
NUSANTARA

Merasa Senang, Narapidana Bebas Langsung Memiliki E-KTP

PRN Lhoknga –  Cabang Rutan Lhoknga menyerahkan hasil perekaman E-KTP kepada narapidana yang bebas setelah menjalani hukumannya. Kamis/25-04.

Pemasyarakatan pada umumnya sudah melakukan banyak langkah-langkah perubahan dan terobosan dalam rangka memberikan pelayanan dan kepastian hukum terhadap warga binaannya. Cabang Rutan Lhoknga sendiri dalam mendukung program pemerintah yang sudah menjadi MOU antara  Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dengan  Direktur Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, sudah melakukan koordinasi baik dengan dinas dukcapil kabupaten aceh besar maupun dinas dukcapil Provinsi Aceh, untuk melakukan perekaman E-KTP agar warga binaan yang ada di dalam mendapatkan identitasnya.

Kacabrutan Lhoknga, Priyo Tri Laksono menjelaskan perekam E-KTP untuk warga binaan Pemasyarakatan ini memang untuk memberikan kemudahan pendataan identitas warga binaan yang sedang menjalani pidana di Rutan, Karen banyak factor yang bersangkutan di dalam tidak memiliki KTP, bisa juga waktu di kepolisian KTPnya diambil dan belum sempat dikembalikan bahkan sengaja KTPnya dihilangkan untuk menghilangkan jejak identitasnya.

“memang perekaman E-KTP ini untuk persiapan Pemilu kemarin, namun selain itu akan memberikan kemudahan bagi warga binaan untuk mendapatkan atau memiliki kembali identitasnya. Hasil perekaman E-KTP kemarin sudah diberikan oleh Dinas Dukcapil baik dari Kabupaten maupun Provinsi dan semuanya kita simpan dulu dan setelah mereka bebas baru kita serahkan KTPnya” Terang Kacabrutan.

Surmadi dan Munawar Khalil yang bebas hari ini, merasa senang dan gembira karena mereka bisa bebas dan bisa mempunyai identitas kembali berupa E-KTP yang sangat berguna sebagai identitas bagi warga Negara.
“saya senang sudah punya E-KTP baru sehingga saya hari ini punya identitas lagi, ya untuk persiapan mencari pekerjaan di luar. Wah nggak terasa juga saya menjalani pidana 3,5 tahun di dalam Rutan. Akhirnya hari ini saya bebas dan saya kapok masuk penjara lagi” Ungkap Surmadi.

Selain itu Surmadi juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak dan Ibu petugas Rutan yang telah membina dan mendidiknya selama menjani pidana di Dalam Rutan sehingga bisa bebas hari ini dan memiliki beberapa sertifikat yaitu Sertifikat Mengelas dan reparasi AC yang mudahan bisa digunakan untuk mencari pekerjaan di luar nanti. (red).

Tags : AcehPemberian Penghargaan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: