close

PRN Tulungagung – Dengan semangat Hardiknas 2019, SMPN 6 Tulungagung melaksanakan Wisuda Purna Wiyata tahun pelajaran 2018 – 2019 di Lapangan  Olahraga SIXTA. Rabu (01/05/2019).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, H.M.Suharno, M.Pd. M.M., beserta jajaranya, Forkopimka, ketua dan anggota komite sekolah, Kepala Sekolah Dasar, Kepala Kelurahan kepatihan beserta jajarannya, orang tua dan wali murid serta tamu undangan lainnya.

Sebelum acara Wisuda Purna Wiyata di mulai, siswa – siswi SMPN 6 Tulungagung menyuguhkan kreasi terbaiknya lewat Seni Religi Hadrah yang merupakan binaan Ibu Tri Ismoyo, S.Pd., dan Bpk Saiful Salam, S.Pd., dan juga Seni Karawitan dari Sanggar Blendrong SIXTA yang di asuh dan di bina oleh Bpk.Priyono, S.Pd., dan Ibu.Sri Utami, S.Pd.

Para wisudawan di dampingi Kepala Sekolah SMPN 6 Tulungagung H.Timbul Budiono, S.Pd. M.M., beserta Kepala DISPENDIKPORA Kabupaten Tulungagung H.M.Suharno, M.Pd. M.M.,memasuki sasana wisuda dengan di iringi para penari cucuk lampah yang selanjutnya membawakan kreasi tari gambyong  pada prosesi wisuda tersebut. Tari “Gambyong Mari Kagen” yang merupakan icon SMPN 6 Tulungagung merupakan binaan dari Ibu Rostiati dan Ibu. Elyk mampu menyedot perhatian para undangan yang hadir, bahkan Kepala DISPENDIKPORA kabupaten Tulungagung pun memuji kepiawaian para penari gambyong tersebut.

Di Awali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya secara serempak, serta pembacaan ayat ayat suci Al Qur’an, yang berkumandang  di suasana yang penuh kebahagiaan dan kemeriahan tersebut mengambil tema, ” Dengan Pendidikan Karakter Menbentuk Generasi Milenial Berbudaya”. Hal tersebut  selaras dengan Semarak HARDIKNAS tahun 2019 yang juga mengusung tema “Meningkatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan”

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga ( DISPENDIKPORA) H.M. Suharno, M.Pd. M.M., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar SMPN 6 Tulungagung di mana pada hari ini bisa melaksanakan kegiatan Wisuda Purna Wiyata, setelah siswa-siswinya usai menempuh Ujian Sekolah Berstandar Nasional  (USBN) secara serentak.

“alhamdulillah hari ini kegiatan Purna Wiyata bisa terlaksana, ini semua membuktikan bahwa koordinasi dan kerjasama antara sekolah dengan wali murid dan juga OSIS yang tergabung dalam kepanitiaan  berjalan tertib, baik, dan lancar.”ungkapnya.

Lebih lanjut Suharno menyampaikan bahwa, kerja keras dari bapak /ibu guru di SMPN 6 Tulungagung dalam pendidikan ekstrakurikuler utamanya di bidang seni berjalan baik.Sehingga seni budaya tradisi ini bisa menjadi bagian dari pembentukan karakter.

” kalau mereka masih mau bermain alat musik tradisional semacam gamelan berarti anak anak kita cinta pada budaya gamelan. itu bagian dari karakter bangsa kita”. Ujarnya.

Ia juga mengapresiasi kepiawaian siswa-siswi SMPN 6 Tulungagung dengan prestasinya di bidang seni.

“Kreasi karawitan dan tari gambyong yang kita saksikan tadi adalah hasil kerja keras dan strategi seni budaya yang dilakukan oleh  bapak ibu guru di sekolah, jadi saya apresiasi betul, sampai penggunaan gamelan juga saya amati dan tidak pernah salah tadi.” jelas Suharno.

Kepala SMPN 6 Tulungagung, H.Timbul Budiono, S.Pd. M.M., juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak dan juga panitia atas terselenggaranya pelaksanaan purnawiyata ini. Dalam sambutannya Ia juga menyerahkan kembali anak didiknya ke pangkuan orang tua masing-masing.

Timbul berharap supaya mereka tetap punya semangat, supaya mereka punya masa depan, dan bisa melanjutkan sampe jenjang berikutnya.

“jadi tugas bapak ibu belum selesai pada hari ini, tetap kita fasilitasi, kita kawal, kita bantu, kita arahkan supaya nanti bisa seluruhnya melanjutkan ke SMA dan sampai dengan ke perguruan tinggi”. tegasnya.

Prosesi Wisuda Purna Wiyata SMPN 6 Tulungagung di tandai dengan pelepasan dua burung merpati yang di lepas oleh H.Timbul Budiono, selaku Kepala Sekolah. (Fit/Gus/PRN.TA)

Tags : Generasi MilenialTulungagung

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: