close
Dok. PRN Kades Desa Kembangan Kec.Pule Sukimin

PRN TRENGGALEK – Melalui prosesi pilkades bulan februari yang lalu ,Sukimin terpilih sebagai Kepala Desa Kembangan Kecamatan Pule Kabupaten Trengalek, bersama 132 kades terpilih Sukimin dilantik Wakil Bupati H.Mochammad Nur Arifin di Pendopo Manggala Praja Nugraha (19/4/2019).

Dengan usainya proses pemilihan dan dilantiknya dirinya sebagai kepala desa Kembangan dirinya mengajak masyarakat untuk bersatu,bersama-sama membangun desa Kembangan agar lebih maju dalam berinovasi dan semakin maju lagi, ”tutur kades baru dilantik ini sambil tersenyum saat ketemu awak media Pena Raktyat News

“Saya akan mengabdi demi kesejahteraan dan kemajuan desa,karena Kepala Desa merupakan representasi pemerintah desa,” ucap Sukimin usai dilantik di Pendopo Manggala Praja Nugraha.

Diakuinya, Ia menjadi aktor penting dalam pembangunan desa. Oleh karena itu, tugas, wewenang dan tanggungjawab Kepala Desa diatur secara detail dalam UU Desa.

Semangat UU Desa menempatkan Kepala Desa bukan kepanjangan tangan pemerintah, melainkan sebagai pemimpin masyarakat.

“ Kepala Desa harus mengakar dengan masyarakat, melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat. Tugas Kepala Desa bukan sekadar menyelenggarakan pemerintahan desa, tetapi juga melakukan pemberdayaan kepada masyarakat desa,” ucapnya.

Selanjutnya Sukimin menuturkan tugas Kepala Desa dalam UU Desa diatur dalam pasal 26 ayat (1) disebutkan: “Kepala Desa bertugas menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa”.

Kewenangan Kepala Desa dalam pasal 26 ayat (2) telah mendukung visi UU Desa yang ingin menciptakan desa yang kuat, maju, mandiri, dan demokratis untuk mencapai masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.

Ini sangat tergantung dari kinerja kita semua kekompakan dalam segala lini saling bersinergi dalam menggerakkan, memotivasi, berkomunikasi, merencanakan, dan melaksanakan pembangunan yang ada di lingkungan kita dan desa kembangan pada umumnya.

Masih penjelasan Sukimin, dirinya berjanji akan tetap mengakomodir kepentingan masyarakatnya agar terwujud kemakmuran dan kesejahteran secara merata.

” Kami akan berusaha untuk mengembangkan Desa Kembangan Kecamatan Pule, guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya..(Bambang/Tin)

Tags : Pelantikan KadesTrenggalek

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: