close
NUSANTARA

Kacabrutan Lhoknga Lakukan Koordinasi dengan PDAM Ketapang, Untuk Pemenuhan Air Bersih Warga Binaan

PRN Lhoknga – Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga binaan, Cabang Rutan Lhoknga melakukan koordinasi dengan PDAM. Sabtu/04-05.

Kebutuhan air bersih merupakan salah satu kebutuhan penting yang harus terpenuhi setiap manusia, begitu pula warga binaan yang sedang menjalani proses pidana di Rutan.
Cabang Rutan Lhoknga dalam pemenuhan kebutuhan air bersih menggunakan air dari PDAM. Lokasi yang kurang strategis dalam pemilihan tempat sebuah hunian Rutan, sehingga untuk pemenuhan air bersih menggunakan saluran PDAM. Beberapa sumur bor dan sumur cincin sudah dilakukan pencarian namun hasilnya kurang memuaskan, air yang di dapat tidak layak untuk pemenuhan air warga binaan. Sehingga selama ini bergantung pada air PDAM.
Mengingat akhir akhir ini kurang lebih 1 bulan cuaca sangat panas dan hampir tidak pernah hujan mengakibatkan situasi disekitar Cabang Rutan Lhoknga kekeringan, bahkan sawah di sekitar lingkungan juga kekurangan air. Situasi seperti ini sangat rawan terhadap keamanan dan ketertiban terutama di Rutan.

Menurut Kepala Cabang Rutan Lhoknga, Priyo Tri Laksono mengatakan bahwasanya isi penghuni Rutan sudah mulai bertambah sehingga kebutuhan pemenuhan air bersihpun juga akan meningkat, karena air merupakan kebutuhan yang penting dalam perikehidupan di Rutan. “sangat rawan apabila pemenuhan air bersih terganggu, karena sedikit gesekan baik dengan teman maupun dengan yang lainnya akan mengakibatkan gangguan keamanan dan ketertiban, memang beberapa minggu ini air PDAM tidak mengalir bahkan sama sekali tidak mengalir, untuk mengatasi itu kita selalu menghubungi Tangki Air untuk dikirim air satu hari 2 kali pagi dan sore, agar kebutuhan air tetap terpenuhi” terang Kacabrutan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang teknis PDAM Aceh Besar Perwakilan Ketapang, Ihsan juga menjelaskan kondisi sumber mata air memang lagi kering karena beberapa minggu ini tidak ada hujan, namun dari PDAM akan melakukan pengalihan jalur untuk Cabang Rutan Lhoknga mengikuti jalur utama pipa PDAM.

“kami upayakan pemindahan jalur penyaluran air, yang mana di sekitar cabang rutan lhoknga ada 2 jalur yaitu yang lama dan yang baru yang merupakan jalur utama pipa PDAM, mudahan dengan pemindahan jalur tersebut akan bisa mendapatkan hasil yang baik yaitu air bersih bisa mengalir dengan baik ke Instansi Cabang Rutan Lhoknga” harap Ihsan.

Dengan melakukan koordinasi dan pengecekan kembali pipa saluran air, kemudian dilakukan pengerjakan oleh bagian teknisi PDAM dengan memindahkan jalur saluran air mengikuti jalur utama pipa PDAM, akhirnya kendala mengenai kebutuhan air bersih sudah teratasi, sehingga mulai sore ini air sudah mengalir dengan deras dan lancar ke Cabang Rutan Lhoknga.

“Alhamdulillah air di kantor sudah mengalir dengan normal, mudahan tidak ada kendala lagi mengenai pemenuhan air bersih. “semoga penggunaan air bersih di Cabang Rutan Lhoknga bisa terkontrol dan bisa digunakan dengan sebaik baiknya oleh seluruh warga binaan dan petugas dengan demikian kondisi dan situasi di Cabang Rutan Lhoknga bisa terjaga keamanan dan ketertibannya” pesan bahriza. (red).

Tags : AcehKebutuhan Air Bersih

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: