close
KABAR JATIM

Pemdes Sawahan: Kebersamaan Dan Transparansi Untuk Wujudkan keberhasilan Pembangunan desa

PRN TRENGGALEK – Leadership atau yang umum dimaknai dengan kepemimpinan mutlak diperlukan oleh seorang pemimpin dimanapun dia bekerja. Tak terkecuali juga kepemimpinan kepala desa dalam mengelola jalannya pemerintahan di lingkup terkecil tersebut.

Moehammad Tamyis, kepala desa terpilih desa Sawahan kecamatan Panggul dari proses pemilihan kepala desa serentak yang dilaksanakan pemerintah kabupaten Trenggalek beberapa bulan yang lalu mencoba menerapkan kebersamaan dengan semua jajaran perangkat dan lembaga yang ada untuk menjalankan roda pemerintahan desa Sawahan.

Menurut M Tamyis hal tersebut dimaksudkan untuk membangun sinergitas antara semua elemen masyarakat, baik pemimpin, jajaran perangkat dan lembaga desa serta masyarakat agar tercipta rasa memiliki terhadap desa Sawahan sehingga kedepan akan timbul rasa iklas dalam bekerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“ Desa Sawahan ini milik semua warga desa Sawahan, bukan milik kepala desa, perangkat atau golongan tertentu. Jadi mari semua pihak punya hak dan kewajiban yang sama untuk membangun desa Sawahan menuju desa yang lebih maju,”. Terang M. Tamyis.

Lebih lanjut, kepala desa yang baru mendapatkan amanah untuk memimpin 4.378 jiwa penduduk desa Sawahan tersebut mengatakan pentingnya kebersamaan semua elemen desa dimaksudkan untuk keberhasilan program pembangunan desa, baik pembangunan jangka pendek, menengah maupun jangka panjang dalam menjalankan pemerintahan serta dalam pelayanan kepada masyarakat.

“ Dengan kebersamaan yang ada maka keterbukaan atau transparansi akan tercipta dengan sendirinya dikarenakan semua pihak baik jajaran pemdes maupun masyarakat ikut dilibatkan dalam proses jalannya pemerintahan desa,” ungkap kepala desa yang kenyang pengalaman berorganisasi tersebut.

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kebersamaan dan rasa memiliki terhadap desa Sawahan, Pemdes berupaya untuk menyerap aspirasi dari semua elemen masyarakat tiap-tiap dusun melalui musyawarah dusun (musdus).

Hal ini dimaksudkan untuk melakukan pengkajian keadaan desa dan juga inventarisasi usulan-usulan dari bawah untuk persiapan RPJMDes kedepan.

Dengan penyerapan aspirasi dari bawah Pemdes Sawahan berharap pelaksanaan pembangunan kedepan akan lebih tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat setelah tentunya melalui tahapan penyesuaian kebutuhan prioritas dan disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada dalam APBDes.

“ Desa Sawahan terdapat 31 RT 15 RW.Terbagi menjadi 4 dusun masing-masing Salam, Krajan, Jati dan dusun Pager jadi biar lebih optimal penyerapan aspirasi masyarakat Musdus kita adakan 4 kali sesuai masing-masing dusun. Bidang sarpras, ekonomi, sosial masuk dalam usulan masyarakat dan banyak hal lainnya dikegiatan serap aspirasi ini ,” . Ungkap kepala desa Sawahan.

Kedepan, M. Tamyis berharap dengan upaya semangat kebersamaan dan transparansi yang dilakukan bisa membawa desa Sawahan dan utamanya masyarakatnya lebih baik dan lebih sejahtera lagi sesuai visinya membangun pemerintahan desa yang bersih, jujur, amanah dan trasparan.

Mewujudkan masyarakat Sawahan yang beraklak mulia, kreatif, inovatif, bergotong royong serta berdaya dalam ekonomiyang berlandaskan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (bambang/tin)

Tags : Harapan Pemerintahan DesaTrenggalek

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: