close
HUKUM

Warga Tak Berdaya Cegah Galian C,  Aktifitas Berlanjut Lancar

Diduga terdapat beberapa oknum aparat yang berperan melancarkan aktifitas Galian C di Klagen.

PRN MOJOKERTO – Bisnis menggiurkan dan berdampak merusak alam kembali merambah wilayah Mojokerto,  galian C di Klagen Gondang tetap jalan walaupun sebagian besar warga menolaknya.

Sebulan (26/4) terasa galian C di Klagen beroperasi, telah menciptakan berbagai keresahan di desa-desa yang terlewati armada pengangkut dari galian yang diduga dikelola oleh Ags dan BU selaku pemilik lahan.

Beberapa waktu yang lalu (26/4)  berkumpul di salah satu rumah warga yang tidak jauh dari balai dusun Klagen,  puluhan warga merasa dibodohi oleh orang-orang suruhan pengusaha galian.

Orang suruhan pengusaha nakal ini membagikan uang 200 ribu kepada ibu-ibu warga Klagen dengan dalil ijin ada alat berat (BEKO)  lewat jalan Klagen untuk benahi jalan, namun fakta berkata lain bahwa alat berat masuk ke sawah dan langsung melakukan prakek penggalian tanah dan batu.

Melihat hal itu kurang lebih 100 orang warga yang sudah memiliki KTP menggalang tanda tangan dukungan untuk membatalkan aktifitas galian C yang dirasa akan merusak ekosistem lingkungan dusun Klagen.

“intinya kami keberatan dengan adanya galian C di desa kami,  sebab dampaknya kasihan anak cucu kami” tegas beberapa warga.

Rifai warga Klagen saat menyampaikan keberatannya dalam forum rapat di Balai Dusun Klagen 26/4, tidak bisa berbuat banyak,  pasalnya setiap perkataannya selalu dipatahkan oleh pengusaha yang sepertinya didukung oleh pihak Kades Tawar,  Pihak Koramil dan Kepolisian yang hadir.  Terkait pertanyaan apakah galian ini ada ijin resminya?  Pihak penggali tidak dapat menunjukkan secuil bukti legalitas galian di Klagen. Tegas Rifai.

Senada juga disampaikan oleh Kepala Dusun Klagen saat di komfirmasi melalui selulernya, sejujurnya dirinya (Polo Klagen) tidak sependapat dengan adanya Galian C di wilayahnya, namun dirinya tidak bisa berbuat apa-apa karena seluruh jajaran diatasnya mendukung pengusaha Ags pemilik galian.

Dikesempatan terpisah saat galian di survey oleh awak media pena rakyat news dilokasi, tampak aktifitas 2 beko beroperasi dengan lancarnya.

Melalui telepon genggamnya Ags menyatakan bahwa ijin galian ada pada dirinya.

“Kllo mau ktmu saya silahkan datang ke rumah” jawab Ags melalui WA.

Sementara saat Pena Rakyat News hendak mengklarifikasi hal ini kepada Kapolsek Gondang dan Babinkamtibmas yang menurut Kasun sering bersama Ags, pihak Polsek bersamaan dengan giat di Pacet. (27/5).

Melihat kenyataan yang kendor kencang dari warga Klagen karena begitu kuatnya pengaruh dari pihak penggali, Rifai beserta beberapa pemuda dusun Klagen dan sekitar 80 orang yang sudah menandatangani pernyataan keberatan adanya galian C di dusunnya akan melaporkan hal ini ke pihak yang berwajib. (sh07).

Tags : Galian C Ditolak WargaMojokerto

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: