close
KABAR JATIM

Kemeriahan Kabupaten Ngawi dalam Memperingati Hari Anak Nasional tahun 2019

PRN NGAWI – Peringati Hari Anak Nasional, Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi adakan acara gebyar hari anak nasional tari jaranan anak Tk se-kabupaten Ngawi tahun 2019. Acara ini dilakukan di alun-alun Merdeka yang di meriahkan dua belas ribu peserta dari anak Tk se-kabupaten Ngawi. Keunikan dari acara ini semua peserta membawa jaranan yang dibuat dari pelepah pisang dan di bentuk menyerupai jaranan, selain melatih kreatifitas anak juga menumbuhkan budaya tradisional agar dikenal sejak usia dini. Kamis (13/06/2019).

Kepala Dinas pendidikan Abimanyu menjelaskan dalam sambutanya “Dinas Pendidikan selalu berupaya untuk terus mempersiapan pendidikan anak sebaik-baiknya. Berbagai hal kita lakukan untuk menuju pendidikan anak agar lebih cerdas, sehat dan kreatif, tentunya juga diawali dengan mempersiapkan Bapak dan Ibu guru pendidik yang mempunyai ketrampilan cukup untuk menghantarkan pendidikan bagi anak-anak kita nanti.”

Hadir pula dalam acara yaitu Bupati Ngawi beserta Ibu. Dengan sangat antusia bupati berkeliling dan ikut di tengah anak-anak Tk yang sedang serentak menari jaranan di lapangan alun-alun Merdeka Ngawi. Ini menegaskan bahwa bupati Ngawi memang dekat dengan Anak-Anak dan juga masyarakat.

Dalam sambutanya Bupati Ngawi Budi Sulistyono yang akrab di panggil Kanang juga mengatakan “Hari Anak Nasional ini sangat luar biasa karena di isi dengan kegiatan-kegiatan seni tradisioanal yang memberi pengajaran pendidikan Karakter . Terimakasih IGTKI sudah sedemikian rupa menggodog, menoreh anak kedepan untuk diarahkan menjadi pribadi yang cerdas kreatif harpannya bisa membawa perubahan dimasa mendatang yang lebih baik lagi. ”

Pada agenda ini selain tari jaranan ada berbagai lomba tradisional yang diadakan untuk memperingati Hari Anak Nasional diantarnya yaitu lomba egrang batok, memindahkan dingklik(kursi), lomba syair, menyanyi tunggal, serta pinger painting ( Melukis dengan tangan).

Berbagai lomba tersebut nantinya akan dibawa ketingkat kabupaten, seleksi yang dimulai dari kecamatan akan terus dilanjutkan. Seperti yang di ungkapkan Kabid PAUD Istamar dalam wawancara pada awak media PRN “para peserta lomba hari ini adalah yang sudah menang ditingkat kecamatan dan ini dilombakan lagi untuk nantinya pemenang di bawa ke tingkat kabupatapen.

Acara berlangsung meriah dan lancar anak-anak terlihat senang gembira tergambar dari ekspresi ceria setelah bersamaan menari jaranan yang mereka buat sendiri dirumah. (wx)

Tags : Kemeriahan AnakNgawi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: