close
HIBURAN, SENI & BUDAYA

DISPARPORA NGAWI : ‘Girikerto Music Camp’ Perkenalkan Potensi Wisata Tradisi Ngawi

PRN NGAWI – Kabupaten Ngawi makin gencar promosi potensi wisata, salah satunya acara Girikerto Music Camp yang diadakan di sumber air koso tepatnya jelang tradisi nyadran di desa Girikerto, kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur yang diagendakan dua hari yaitu 15-16 juni 2019.

Tradisi Nyadran yang telah digelar sejak turun temurun ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri, ditambah acara Girikerto Music Camp, sadranan kali ini makin istimewa. Sadranan merupakan tradisi tahunan yang dilaksanakan dua dusun di desa Girikerto, yakni dusun Banjaran dan dusun Girikerto yang bertempat di Sumber Koso.

Sadranan yang berarti sedekah bumi menyimbolkan rasa syukur dan terima kasih warga atas melimpahnya air yang terus mengalir dari mata air sumber koso.

Hadir pula dalam acara yaitu Wakil Bupati Ony Anwar jelang pembukaan beserta Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Dalam sambutannya Wakil Bupati Ony Anwar mengatakan

“Sebagai pemangku kebijakan kita merasa bangga dan akan senantiasa berusaha mefasilitasi keinginan para generasi penerus kita yang kreatif ini, supaya nantinya bisa bersinergi baik dengan pemerintah Kabupaten Ngawi dalam rangka meningkatkan kunjungan di kabupaten Ngawi ini.” Ungkap Anwar.

Kepala Dinas Disparpora Ngawi Rohmad Didik Porwanto juga mengungkapkan “Girikerto Music Camp ini merupakan wujud dari pengenalan wisata Ngawi juga tradisinya. Harapanya dengan adanya agenda ini maka Ngawi bisa lebih dikenal, dan banyak yang berkunjung untuk menikmati wisata maupun budaya Ngawi yang penuh daya tarik.”

Pada hari kedua acara Girikerto Music Camp warga di pagi hari datang dan berkumpul di lapangan yang berada di sisi barat kolam sambil membawa tumpeng atau yang biasa disebut “Panggang bucu” .

Ritual tersebut mulai dengan “Sirat-siratan” yaitu prosesi saling memercikan air yang dilakukan anak muda di dalam kolam hingga semua orang disana basah kuyup. Setelah itu acara di tutup dengan pembacaan doa bersama dan pembagian makanan.

Acara Sadranan yang digelar merupakan seremonial dalam rangkaian acara Girikerto Music Camp 2019 yang sudah di selenggarakan sejak (15/6) hingga minggu (16/6) pukul 11:00 WIB di Kabupaten Ngawi.

Sedangkan untuk acara Sadranan yang sesungguhnya akan diselenggarakan pada bulan Agustus setiap Sabtu Pahing (penanggalan jawa) di setiap tahunnya. Diharapkan pengenalan tradisi ini akan menjadi daya tarik pengunjung dan akan menyaksikan acara tradisi nyadranan agustus mendatang. (wixke)

Tags : NgawiUpacara Budaya

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: