close
Suprapto Kepala Desa Sumber Bendo

PRN MADIUN – Jagung adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia selain gandum dan padi.

Pada masa kini jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak, pangan dan bahan dasar tepung maizena. Ada beberapa manfaat yang dapat di peroleh dari tanaman jagung yaitu :
– batang dan daun dapat di jadikan sebagai pakan ternak.
– untuk buah jagung muda dapat di olah menjadi sayuran, bakwan atau begedel
– untuk biji yang tua dapat di jadikan sebagai pengganti nasi

Tidak hanya sebagai bahan pangan, jagung juga dikenal sebagai salah satu bahan pakan ternak dan industri. Tanaman jagung adalah tanaman yang hidup di lahan kering. Umumnya permasalahan lahan kering terjadi pada kekeringan tanah karena lahan tanah memanfaatkan air hujan saja.

Selain itu masalah lainnya adalah kesuburan tanah yang umumnya rendah karena tidak ada lahan organik, lapisan olah tanah yang dangkal karena tanah keras jarang terkena air, rentan terkena degradasi dan erosi, dan kadar bahan organik tanah rendah. Selain itu iklim dan penerapan teknologi budaya juga sangat mempengaruhi.

Seperti halnya dengan Sarno Ketua Gapoktan “Sido Luhur” yang beralamat di Dusun Kece RT 18/RW 03 Desa Sumber Bendo Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Beliau pengusaha jual beli jagung dari tahun 1997.

” Saya melihat potensi Jagung yang melimpah di daerah sini maka saya menekuni usaha ini untuk jual beli ” kata beliau kepada wartawan Pena Rakyat New tanggal 17-6-2019.

Sarno nekat untuk merintis usaha jual beli jagung karena sangat menjanjikan untung besar setiap musimnya. Dengan menjunjung tinggi kejujuran dan kedisiplinan dalam menjalankan usahanya serta menawarkan harga bersaing kepada pembelinya sekarang ini omzet milyaran rupiah setiap musimnya bisa masuk ke kantong Sarno dari transaksi jual beli jagung yang di tekuninya.

” Satu musim panen jagung saya bisa mengirim kurang lebih 600 ton dengan nominal sekitar 2,5 milyar ” tuturnya

Kepala Desa Sumber Bendo Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun Suprapto saat di konfirmasi mengatakan ” Dengan jumlah penduduk kurang lebih 6200 jiwa memang berpenghasilan dari hutan karena daerah sini daerah pegunungan.

Selain jagung masih banyak lagi hasil dari hutan seperti Porang,pisang dan rempah” lainnya maka dari itu kami berharap agar pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas terkait agar memberikan bibit” dan alat” pertanian serta akses jalan yang baik supaya ke depan bisa bersaing dengan daerah” lain dan menjadi Ikon Desa kami ”
( Er )

Tags : MadiunPotensi Jagung

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: