close
PRN TULUNGAGUNG – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk SMPN di Tulungagung dimulai Rabu (19/6/2019).

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Tulungagung, Drs. Haryo Dewanto Wicaksono, M.M., pada awak media menyampaikan bahwa, PPDB untuk jalur online ini berdasar zonasi atau kedekatan jarak antara tempat tinggal calon siswa dan sekolah dengan kuota sebanyak 90 persen dari pagu masing-masing SMPN. Senin (17/06/2019).

“PPDB online SMPN untuk jalur zonasi pendaftarannya di mulai tanggal 19 sampai 21 Juni 2019. Pagu di setiap SMPN disesuaikan dengan sarana dan prasarana yang di miliki sekolah masing-masing”. Ucapnya.

Lebih lanjut Haryo Dewanto menjelaskan bahwa, Untuk  pagu dalam penerimaan siswa di setiap SMPN berbeda. Ada yang delapan kelas dan ada pula yang sampai 11 kelas.

“Yang pasti setiap kelas jumlah siswanya sebanyak 32 siswa. Tidak boleh lebih,” jelasnya

Haryo Dewanto memaparkan bahwa, PPDB yang melalui jalur selain online, yakni jalur offline untuk kelulusan diterima di SMPN yang dituju sudah diumumkan, Senin (17/6) kemarin.

“Untuk jalur offline prestasi kuotanya sebanyak lima persen,sedangkan jalur offline perpindahan orang tua kuotanya juga lima persen. Pendaftaran jalur offline sudah dilakukan pada tanggal 12 sampai dengan 14 Juni lalu.” Ucapnya.

Haryo Dewanto juga menyampaikan bahwa, sudah ada ketentuan untuk memilih SMPN melalui jalur zonasi sesuai dengan zona daerah kelurahan atau desa tempat tinggal calon siswa.

“Calon siswa dapat memilih tiga pilihan SMPN. Dua SMPN di dalam satu zona dan satu pilihan lainnya bisa diluar zona.” Paparnya.

Soal kemungkinan adanya calon siswa titipan, Haryo menjamin hal itu tidak akan terjadi pada PPDB kali ini. PPDB tahun ini sudah diawasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Ombudsman.

“Kementerian juga melakukan pengawasan. Tidak saja Kemendibud tetapi juga Kementerian Dalam Negeri. Karena itu, kami pastikan tidak akan ada yang berani main-main dalam PPDB kali ini,” tandasnya.
(fit/gus/PRN.TA)

Tags : TulungagungZona Titipan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: