close

PRN Badung Bali – Mewujudkan Bali Bersih Era Baru, Bali Post Gelar Bali Bersih Touring and Fun Sabtu, 22 Juni 2019 | 17:07:36

Dalam mewujudkan Bali era baru, Bali Post mengadakan Bali Bersih Touring and Fun pada Sabtu (22/6). Diawali dengan penandatangan kampanye Bali Bersih oleh Ketua DPRD Badung, Kepala Dinas LHK Badung, Kapolres Badung, Honda, serta Pimpinan Kelompok Pimpinan Bali Post. Acara ini juga merupakan sinergi dengan Astra Motor Bali, Pemkab Badung, dan pihak swasta terkait.
Setelah dilepas, peserta touring melewati rute Jalan Raya Sempidi, Simpang Lukluk (lurus), Jalan Raya Anggungan, Jalan Raya Penarungan, Jalan Oleg, Jalan Janger, Jalan Ciungwanara, Jalan Raya Sangeh, Petang, dan Finish di Jembatan Tukad Bangkung.

Sesampainya di garis finish, peserta touring melakukan kegiatan Bali Bersih yaitu kegiatan mengumpulkan sampah non organik dan penanaman pohon di Jembatan Tukad Bangkung.

Kepala Dinas LHK Badung Drs. I Putu Eka Merthawan, M.Si, yang mewakili Bupati Badung, menyampaikan Pemkab Badung terus berupaya agar kualitas kehidupan masyarakat di Kabupaten Badung meningkat. Upaya tersebut dilakukan melalui peningkatan kualitas kesehatan dan keselamatan masyarakat, misalnya melalui kebijakan kuratif (pengobatan) seperti peningkatan anggaran Program Krama Badung Sehat, program preventif, dan program promotif seperti kegiatan sosialisasi pengurangan risiko kesehatan dari asap rokok serta keamanan berkendara seperti hari ini.

Pemerintah Kabupaten Badung bersama masyarakat, institusi pemerintah, dan pihak swasta berkomitmen untuk mendukung upaya pengurangan risiko, baik untuk kehidupan sehari-hari maupun bagi lingkungan.

Selain itu, Kabupaten Badung juga mendukung upaya pengembangan inovasi dan teknologi yang bertujuan untuk mengurangi risiko kesehatan, seperti produk tembakau alternatif yang dapat menjadi solusi bagi masalah rokok di Bali. Dengan pemahaman yang menyeluruh atas perubahan pola konsumsi dan pendekatan di belakangnya, ia berharap formulasi kebijakan atas produk ini dapat menjadi jalan keluar bagi masyarakat Bali.

Penataan TPA Suwung akan Kurangi Polusi, Ketua DPRD Badung Dr. Drs. I Putu Parwata MK, MM mengatakan program yang dilakukan oleh Badung salah satunya adalah membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan baik. Pihaknya juga melakukan beberapa terobosan dengan DLHK melalui program Gotik, Badung bebas sampah plastik, dan aksi nyata yang lain.

Dari sisi legislatif, pihaknya juga telah membuat Perda penanggulangan sampah plastik. Putu Pawarta juga mengatakan selain sampah plastik, pihaknya juga mendukung inovasi dan teknologi yang bisa mengurangi risiko kesehatan dari rokok serta puntung rokok yang juga menjadi ancaman lingkungan, seperti produk tembakau alternatif.

Sebagai salah satu solusi untuk mengatasi masalah rokok, ia menyatakan bahwa perkembangan produk tembakau alternatif dapat mengurangi risiko kesehatan dan polusi udara yang disebabkan oleh rokok.

Menurutnya, inovasi produk tembakau alternatif memiliki dampak positif karena pro terhadap lingkungan, namun tidak membatasi penikmat tembakau dewasa.

“Produk tembakau alternatif ini lebih ramah lingkungan dan tidak menganggu orang lain disekitarnya. Produk ini tidak menghasilkan asap, tapi uap,” tandasnya. (oky).

Tags : BaliBhakti Sosial Clup Motor

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: