close

PRN-Magetan – Senin 24/6/2019 PMI Jawa Timur melaksanakan kegiatan Jumbara (Jumpa Bakti Gembira) IX tingjat Propinsi Jawa Timur, Jumbara ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kapasitas yang ada di PMI Kabupaten / Kota se Jatim terutama PMR.

Jumbara yang diadakan pada tanggal 24 s/d 29 Juni 2019 bertempat di Secata Rindam V Brawijaya Magetan.

Jumbara diadakan tiap lima tahun sekali, dan di tahun ini mengacu pada Jumbara tingkat nasional tahun lalu. Ketua PMI Jawa Timur H. Imam Utomo S kepada Pena Rakyat News mengatakan ” Giat Jumbara Ke IX kali ini sangat meriah dan sukses dibandingkan Jumbara sebelumnya yang dilangsungkan di Jember, Hal ini terlihat dari semakin maraknya antusiasme peserta mengikuti kegiatan yang ada, dari 24 kontingen menjadi 38 kontingen dari kab/ kota seluruh Jawa Timur sebagai peserta, “tuturnya

Selain itu Ketua Umum PMI Jawa Timur ini juga mengutarakan permasalahan yang dihadapi PMR yaitu “anggota PMR begitu selesai dari SMA tidak mau menjadi relawan lagi, seharusnya begitu menjadi mahasiswa jiwa relawannya terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi.” imbuhnya.

Untuk Kabupaten Magetan yang merupakan tuan rumah di stand tendanya digelar produk unggulan kab Magetan yaitu Jeruk Pamelo yang merupakan salah satu ikon Kab Magetan,

Menurut Try Wiyaningsih salah satu pembina kontingen Kab Magetan kepada Pena Rakyat News mengatakan “Kami dari Kab Magetan sebagai peserta tuan rumah ingin mengangkat potensi yang ada diMagetan, karena selain sebagai ajang silahturahmi bagi anggota PMR se Jawa Timur, kegiatan ini juga salah satu sarana promosi mengenalkan potensi yang ada di masing masing wilayah kab Kota, dan khusus untuk Kab Magetan kami membawa produk unggulan kab Magetan, antara lain, jeruk pamelo, beserta olahannya antara lain manisan/permen kulit jeruk, sambel pecel khas Magetan maupun Jrangking (makanan tradisional khas Magetan) serta abon ikan dan ayam produksi pengrajin di Kab Magetan. “jelasnya.

Selain itu dari Pantauan Pena Rakyat News di lapangan tenda tenda peserta dihiasi dengan ornamen ornamen yang menunjukkan kekhasan masing masing kab/kota seperti terlihat Kab blitar yang membuat gapura tendanya menyerupai pintu gerbang candi bentar, tak ketinggalan kab kediri yang terkenal dengan Kediri Nite Carnival mendekorasi venue tempat kemahnya dengan nuansa carnival dimana kostum kostum carnival dipajang disana.

Pada sore harinya digelar parade budaya yang melewati jalan protokol di seputar jalan Rindam Secata sampai pasar baru Magetan/alun alun,sebagai yang terbaik di kegiatan ini akan dikirim ke Jumbara tingkat Nasional di Bangka Belitung mewakili Propinsi Jawa Timur . Video kegiatan ini bisa di klik di https://youtu.be/7EzlGLlxjUE (jurnalis :Beni Setyawan)

Tags : Jumbara Tingkat PropinsiMAGETAN

Leave a Response

*