close
KABAR JATIM

SERASEHAN PUAP Dari Dinas Pertanian Dan Perikanan Kabupaten Madiun

Parna S. P. PLt. Kabid Penyuluhan

PRN MADIUN – PUAP adalah singkatan dari Program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan. Program PUAP adalah program pemberdayaan petani berbasis pendampingan. Di luncurkan pertama kali pada tahun 2008. Program ini sebenarnya sangat bermanfaat bagi petani untuk mengembangkan usaha pasca panen atau usaha produktif di lingkup pertanian.

Program PUAP dimaksudkan untuk meningkatkan penghasilan petani agar lebih sejahtera. Program ini di jalankan oleh petani yang tergabung dalam kelompok-kelompok tani biasa disebut Poktan. Kelompok tani ini lalu bergabung dalam satu wadah bernama Gabungan Kelompok Tani yang merupakan satu kesatuan dalam kepengurusan. Gabungan kelompok tani biasa disebut Gapoktan.

Gapoktan ini memiliki kepengurusan harian yang bertanggung jawab kepada pendamping. Pendamping Gapoktan ini bernama Penyelia Mitra Tani ( PMT ). Seorang pendamping memiliki tanggung jawab terhadap binaan Gapoktan dalam cakupan kabupaten/kota. Satu orang pendamping bisa menangani kurang lebih 45 Gapoktan.

Adapun tugas pendamping petani ini lebih di titik beratkan pada pengembangan dana yang telah di kucurkan sebesar seratus juta rupiah. Inilah para petani yang tergabung sebagai anggota Gapoktan menerima dana untuk melakukan usaha Agribisnis di desanya. Setiap petani mendapat dana tergantung dari rencana usaha kelompok yang di buat berdasarkan rencana usaha anggota jadi setiap petani mendapatkan dana pengembangan sesuai dengan rencana usaha yang di ajukan dan tentunya di setujui dalam rapat bersama.

Setelah mendapat dana pengembangan petani tersebut harus melaporkan perkembangan usaha termasuk perkembangan keuangan apakah berkembang positif atau malah negatif.

Seperti halnya yang dilakukan Dinas Pertanian Dan Perikanan Kabupaten Madiun mengadakan Serasehan PUAP pada tanggal 27-6-2019 di BPP Kecamatan Saradan. Kepala Dinas Pertanian Dan Perikanan Kabupaten Madiun yang di wakili oleh Parna S.p selaku PLT Kabid penyuluhan mengatakan ” PUAP tidak sama dengan kegiatan-kegiatan lainnya karena PUAP dari Pemerintah Pusat untuk pemberdayaan terhadap petani.

Seperti kurangnya pupuk atau bibit-bibit pertanian jadi petani jangan sampai kekurangan itu.”
Serasehan ini di laksanakan setiap satu tahun sekali dan pada Serasehan kali ini di ikuti oleh 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Saradan, Kecamatan Pilangkenceng, Dan Kecamatan Gemarang dengan 45 orang.

“Serasehan ini untuk menjadi ajang tukar kaweruh bagi Gapoktan-Gapoktan yang mempunyai kendala-kendala di lapangan. Dengan upaya tersebut agar dapat mengurangi angka kemiskinan, menurunkan tingkat pengangguran dan menciptakan lapangan pekerjaan serta fungsi kelembagaan ekonomi petani menjadi mitra lembaga keuangan dalam rangka akses ke permodalan.” Pungkasnya. ( ER )

Tags : MadiunPotensi Jagung Unggulan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: