close
Deklarasi Damai Pilkades serentak 2019,

PRN TULUNGAGUNG – Deklarasi Damai Pilkades Serentak se-Kabupaten Tulungagung di laksanakan oleh 239 calon Kepala Desa di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.Selasa 02/072019.

Isi dari deklarasi tersebut diantaranya, para peserta Pilkades serentak tahun 2019 menolak berita hoax dan segala isu sara yang memecah persatuan bangsa, juga  tidak akan melakukan money politics, serta siap terpilih dan siap tidak terpilih.

Acara ini juga mendapatkan pengarahan dari Kapolres Tulungagung, AKBP. Tofik Sukendar, S.I.K., Dandim 0807 Tulungagung, Letkol Inf. Wildan Bahtiar, S.I.P., serta dari Kejaksaan Tulungagung.

Dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Tulungagung tercatat ada 239 desa yang melaksanakan Pilkades serentak. Deklarasi ini secara simbolis ditandatangani oleh 3 perwakilan calon Kades dari wilayah Campurdarat, Ngantru, dan Kauman. Pelaksanaan Pilkades serentak yang ketiga kalinya dalam enam tahun terakhir tersebut akan berlangsung pada Selasa, 9 Juli 2019 mendatang.

Plt. Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, M.M., dalam sambutannya mengatakan, pemerintah Desa sebagai ujung tombak lembaga pemerintahan mempunyai kedudukan strategis karena berada di garis depan dan berhadapan langsung dengan masyarakat yang memiliki berbagai macam latar belakang, kebutuhan, dan tuntutan yang selalu berkembang sesuai perkembangan jaman.

“Dalam pelaksanaan pembangunan, Pemerintah Desa juga memegang peranan yang sangat penting, dimana kalau dahulu desa hanya menjadi obyek pembangunan, tetapi sekarang Pemerintah Desa bertindak sebagai subyek pembangunan, terutama dengan adanya Dukungan Dana Pelaksanaan Pilkades serentak Tahun 2019.” ucapya.

Lebih lanjut Maryoto menjelaskan, Pilkades merupakan proses alami yang harus dilakukan setiap 6 (enam) tahun sekali seuai dengan amanah dari Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Dari proses demokrasi inilah nantinya akan ditentukan Kepala Desa yang dipilih secara langsung oleh masyarakat yang telah mempunyai hak pilih. Dan siapapun yang terpilih itulah pilihan terbaik yang nantinya akan bersama-sama masyarakat melakukan pembangunan di desanya.

“Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2019 ini, terdapat Bakal Calon Kepala Desa sejumlah 662 (enam ratus enam puluh dua) orang, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yaitu 747.696 (tujuh ratus empat puluh tujuh ribu enam ratus sembilan puluh enam) orang, dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) sejumlah 821 (delapan ratus dua puluh satu). Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini merupakan hajat besar dari Tulungagung, yang tentunya memerlukan dukungan dari seluruh instansi sesuai kewenangannya, dan juga partisipasi dari masyarakat”, ujar Maryoto.

Secara administrasi untuk tetap menjaga berlangsungnya proses pemerintahan di tingkat desa, telah ditunjuk Pejabat (Pj) Kepala Desa yang berasal dari PNS yang mempunyai pengalaman di bidang pemerintahan. (hms/fit/gus/PRN)

Tags : Tolak Isu HoaxTulungagung

Leave a Response

*