close
BISNIS, EKONOMI

KEMENTAN RI MELALUI DISPERTAHORTBUN SUMENEP MELAKUKAN PROGRAM UPPO UNTUK MENSEJAHTERAKAN PETANI.

PRN SUMENEP – Untuk memberikan kesejahteraan dalam pertumbuhan perekonomian bagi para petani di Sumenep, Kementerian Pertanian Republik Indonesia (KEMENTAN RI) melalui Dispertahortbun terus memberikan program kepada petani, seperti memberikan bantuan pembangunan Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO) Kepada Kelompok Tani di kabupaten Sumenep. Kamis 12/07/2019.

Program ini dilakukan oleh KEMENTAN RI melalui Dispertahortbun guna untuk mendukung penyediaan pupuk organik secara mandiri, sehingga petani dapat memproduksi dan menggunakan pupuk secara insitu. Sehingga petani di Sumenep bisa mandiri, mengirit biaya untuk produksi pertaniannya.

Bantuan pembangunan Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO), ini diberikan kepada empat kelompok tani (poktan) yang ada di empat kecamatan. Diantaranya: kecamatan Manding, Pasongsongan, Rubaru dan Guluk-guluk.

Kecamatan ke empat penerima bantuan UPPO ini sudah dilakukan survey monitoring dan evaluasi (Monev) lokasi, termasuk kelayakannya. Ini dilakukan sinergi oleh Ibu Ir. Dewi Taliroso MM M.Si dari Direktorat Perbenihan Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim, Komisi II DPRD dan Dispertahorbun Kabupaten Sumenep. Program ini sangat disupport oleh komisi yang membidangi pertanian tersebut.

Dalam kesempatan ini Arif Firmanto Kabid Sarpras dan Penyuluhan Dispertahortbun Sumenep menjelaskan, bahwa Ke empat lokasi penerima bantuan UPPO ini yang diberikan kepada kelompok Tani sudah dilakukan pengecekan dan dinilai layak.

“Dipastikan empat poktan ini menerima paket Bantuan UPPO ini karena Sudah melakukan Survei dan layak untuk mendapatkan bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan dalam pertumbuhan perekonomiannya di dalam memproduksi pertanian, ” Tutur Arif Firmanto.

“ketika program UPPO ini Sudah dilakukan harapan kami semoga bisa memberikan kemandiri kepada petani, seperti biaya produksi tanaman baik padi atau lainnya bisa ditekan, alias tidak terlalu mahal, ” Imbuhnya.

Tidak hanya itu Arif Firmanto juga menjelaskan, paket bantuan UPPO ini berupa 8 ekor sapi, bangunan rumah pembuatan kompos, bangunan kandang ternak, alat pengolah pupuk organik (APPO) dan kendaraan roda tiga.

“Insya Allah bantuan ini akan disalurkan pada Agustus kepada penerima, ” Imbuhnya.

Menurut Arif Firmanto bantuan ini bisa mendukung peningkatan produksi, produktifitas serta mutu hasil produksi pertanian, “Yang terpenting dengan bantuan ini, pendapatan petani makin meningkat sehingga kesejahteraan bisa lebih terjamin. Ini cita-cita yang diinginkan pemerintah, ” harapnya.

Untuk itu bagi kelompok Tani yang menerima bantuan ini hendaknya memanfaatkan secara maksimal. Sehingga, keberadaanya memberikan manfaat bagi sekitar, dan Gunakan sesuai pemanfaatannya agar semua harapan pemerintah dalam menyalurkan bantuan ini tercapai. (erfandi)

Tags : Program PetaniSumenep

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: