close
HIBURAN, SENI & BUDAYA

Bersih Desa Sumberdadi : Melestarikan Budaya Warisan Leluhur Melalui ” Langen Tayub ”

PRN TRENGGALEK – Bulan Selo bagi sebagian masyarakat desa,khususnya yang ada di kabupaten Trenggalek Jawa Timur sering ditandai dengan diadakan Bersih Desa, suatu kegiatan upacara adat jawa yang bertujuan memelihara, melestarikan suatu Tradisi adat istiadat para leluhur.
Sumberdadi salah satu desa yang ada diKecamatan Trenggalek tak ketinggalan ikut serta melestarikan budaya desa yang sudah turun temurun melalui Pagelaran Seni Lagen Tayub.budaya seni yang sudah turun-temurun ini sebagai ungkapan rasa syukur atas limpahan nikmat kepada Tuhan Y.M.E.
Sabtu ( 20/7/19)

Bertempat dirumah Kepala Desa Sumberdadi Munawar, kegiatan bersih desa dibuka Camat Trenggalek Hari Andhiko.AP,.M.Si dalam sambutannya,Camat mengajak masyarakat sumberdadi untuk menjaga kerukunan, keamanan di masyarakat.bersih desa juga mencerminkan wujud guyub rukun antar masyarakat desa selain keyakinan,kepercayaan dalam melestarikan budaya dan adat leluhur.

Camat Hari juga mengajak masyarakat mendukung pemdes dalam pembangunan serta saling bergotong-royong demi kemajuan dan kemakmuran desa.

Setelah sambutan dari Camat Trenggalek usai, prosesi pagelaran Langen tayub dimulai dengan kades Sumberdadi Munawar “mbekso” dalam bahasa jawa (menari) bersama para perangkat desa menandai pagelaran langen tayub satu hari satu malam di gelar.

Sementara itu Munawar Kades Sumberdadi saat ditemui awak media PRN usai mbekso menjelaskan,bersih desa ini salah satu bentuk wujud syukur kami Pemdes bersama masyarakat desa,karena sudah diberi kesehatan, keselamatan, kesejahteraan dan kemudahan dalam beraktifitas masyarakat di semua bidang serta cara kami dalam melestarikan budaya yang sudah ada dari dulu warisan leluhur yang sudah turun-temurun.

Melalui seni langen tayub selain sebagai bentuk wujud kerukunan serta kebersamaan antar masyarakat dalam merawat, melestarikan seni budaya peninggalan para leluhur, juga bisa memacu kemajuan desa,dengan kerukunan masyarakat desa dapat mempercepat progam-progam pemdes Sumberdadi menuju kesejahteraan masyarakat desa.

“semoga dengan kebersamaan yang sudah terjalin antara masyarakat dan pemdes dalam melestarikan adat budaya bersih desa ini, dapat membawa berkah desa menjadi makmur terus semakin maju”, tutur Munawar Kades Sumberdadi.

Nuansa kemeriahan bersih desa di Desa Sumberdadi ini diramaikan banyaknya masyarakat juga para tokoh-tokoh desa yang hadir dan saling bergantian mbekso tayub,salah satu masyarakat desa Sumberdadi Jumiran warga dusun ngembes menuturkan kegiatan bersih desa ini setiap tahun selalu diadakan,masyarakat selalu mensupport pemdes agar bersih desa terus diadakan, karena semua ini bertujuaan untuk keselamatan, kesehatan, kesejahteraan masyarakat desa karena ini salah satu tradisi dari nenek moyang/leluhur yang sudah ada dari dulu dan akan membawa keberkah dan manfaat untuk masyarakat desa kalau di lestarikan,.jelasnya. (bamb/atin)

Tags : Lestarikan Budaya LokalTrenggalek

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: