close

PRN Magetan – Sarangan Sabtu, 20 Juli 2019 – Guna memotivasi dan memacu kesadaran masyarakat dan pelaku usaha peternakan dan perikanan di wilayah Kabupaten Magetan, serta memberikan informasi yang lebih luas kepada masyarakat tentang usaha peternakan dan perikanan sehingga akan meningkatkan konsumsi protein hewani, Pemerintah kabupaten Magetan ,melalui Dinas Peternakan dan Perikanan menggelar “Gebyar Peternakan dan Perikanan 2019”

Meskipun cuaca diliputi kabut tebal para peserta senam pagi yang diikuti oleh segenap anggota forkopimda, petani, peternak dan pelajar SD di lapangan Singolangu sangat antusias mengikuti semua rangkaian kegiatan . Mulai dengan penanaman tanaman untuk pakan ternak sampai jalan santai menuju finish di telaga Sarangan.

Peserta jalan sehat dihibur oleh Taruna Taruni Marching Band dari Politeknik Perikanan Sidoarjo.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Drh. Kustini dalam sambutannya mengatakan ” Tujuan digelarnya acara ini guna memostivasi dan memacu dan kesadaran masyarakat dalam membangun peternakan dan perikanan, meningkatkan pelaku usaha peternakan dan perikanan, memberi informasi lebih luas pada masyarakat tentang usaha peternakan dan perikanan, mengukur pertumbuhan dan kemajuan pembangunan peternakan dan perikanan, serta meningkatkan konsumsi protein hewani” ujarnya.

Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto.SH, M.Si. mengatakan ” kegiatan ini selain sebagai media sosialisasi dan pengenalan tentang ikan dan manfaat ikan dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat Magetan juga diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar ikan dan produk ikan khususnya di Kabupaten Magetan yang berdampak pada kesejahteran masyarakat baik pembudidayaan sampai pengolahan produk perikanan. Untuk itu harus kita dukung untuk dilanjutkan dan dikembangkan karena kegiatan ini merupakan salah satu upaya mensukseskan program pemerintah yaitu “Membangun Generasi yang Sehat, Kuat dan Cerdas” serta peningkatan ketahanan pangan melalui gemar makan ikan.” Tutur Bupati.

Kepala Badan Riset dan SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Syarief Widjaja menuturkan “Kami dari kementrian sangat bangga atas apa yang dilakukan oleh Bupati dan kepala dinas Perikanan dan peternakan kab Magetan ,kami akan menjadikan Sarangan ini model atau percontohan di Indonesia bagaimana rakyat beserta pimpinannya secara bersama sama mencoba mengangkat kembali Ikan dewa (Torsoro) yang dulu merupakan ikan yang hidup danau Sarangan kembali menjadi lestari.Yang unik ikan dewa saat musim bertelur akan naik ke hulu sungai jadi kedepan akan bisa menjadi atraksi wisata yang unik di Sarangan. “ujarnya

Kegiatan ini diakhiri dengan pelepasan burung merpati dan 10.000 ikan Dewa /ikan Torsoro di danau Sarangan. Video kegiatan ini bisa di klik di http://www.youtube.com/c/BeniSetyawanMagetan (Jurnalis Beni Setyawan)

Tags : Ikan DewaMAGETAN

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: