close
KABAR JATIM

“Bersih Desa” Kwadungan, Ngawi Menggelar Langen Beksan

PRN Ngawi – Untuk melestarikan budaya tradisi masyarakat yang mulai tenggelam oleh zaman, Desa Kwadungan, Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi, menggelar acara Bersih Desa, Jumat 09/08/2019 bertempat di kantor desa setempat. Dan dimeriahkan dengan kesenian langen beksan serta selamatan bersama.

PJ (Pejabat sementara) Desa kwadungan Wasiyem menjelaskan, pihaknya menggelar acara ini untuk mengenang dan mendoakan sesepuh serta pendiri Desa yang sudah meninggal, selain itu juga menjaga kerukunan dan silaturahmi antar warga khususnya warga desa Kwadungan.

“Yang jelas, acara bersih desa ini merupakan peninggalan nenek moyang dulu, antusiasme dari warga masyarakat dan itu merupakan agenda tahunan, yang selama ini setiap tahun diadakan. Sehingga warga masyarakat banyak yang hadir, intinya pertama untuk membersihkan diri pribadi kita masing-masing, selanjutnya pemerintahan Desa Kwadungan.Tujuannya adalah membersihkan hal-hal yang sekiranya negatif menjadi lebih positif”, kata Wasiyem

Kepala desa terpilih yang belum di lantik juga hadir dalam acara tersebut Saat diwawancarai mengemukakan, “Untuk kedepannya, mudah-mudahan dengan adanya Bersih Desa warga masyarakat bisa hidup aman, tentram dan tidak ada aral suatu apapun dan masa pemerintahan saya nanti kedepan desa Kwadungan bisa lebih maju serta berkembang kondusif”.

Ditempat yang sama, Kepala Dusun Kwadungan Ismun menambahkan, “Kegiatan Bersih Desa ini dilakukan rutin pada setiap tahunnya. Sebagai upaya tolak balak agar masyarakat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, bisa hidup rukun, tentram dan nyaman. Disamping mengenang dan melestarikan tradisi budaya, juga mendoa’akan leluhur pendiri desa ini”, ungkap Ismun selaku Kasun Kwadungan.

Acara ini di ikuti seluruh lapisan masyarakat dengan menggelar hajatan bersama yang khusus di bawa warga dari rumah berupa nasi ingkung (Nasi panggang) dan sampai ditempat acara berlangsung di doakan bersama lantas dibagikan untuk dinikmati bersama-sama. (wx)

Tags : Bersih Desa Langen BeksanNgawi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: