close
KABAR JATIM

2019 DINAS SUMBER DAYA AIR KABUPATEN MALANG ADAKAN SOSIALISASI HIPPA DI WILAYAH UPT.SDA SINGOSARI

PRN— MALANG. Himpunan Petani Pemakai Air ( HIPPA) adalah kelembagaan pengelolaan irigasi yang menjadi wadah petani pemakai air dalam suatu daerah layanan/petak tersier atau desa dibentuk secara demokratis oleh petani pemakai air termasuk lembaga lokal pengelola irigasi. Rabu (7/8/19) Seperti hari ini, kelompok tani Desa Sumber Ngepo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang mendapatkan sosialisasi dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Malang.

Acara yang digelar di Pendopo Desa Sumber Ngepo tersebut dihadiri oleh Bapak Boedi Tjahjono (Kepala Bidang Manfaat Dan Kemitraan), Bapak Catur Kepala Seksi (Kasi) Dinas Sumber Daya Air, Kelompok Tani dan Tokoh Masyarakat. Tidak itu saja Dinas Sumber Daya Air Kabupaten Malang juga turut menghadirkan 3 narasumber yaitu, Bapak Sukamto, Amd., Bapak Gatot Yulian Kristanto, ST. dan Bapak Ichwan Machnuri, M.Si. (Dosen Unmu) untuk mengisi acara tersebut.

Di sela-sela sambutannya Bapak Boedi Tjahjono menerangkan, “Dengan adanya sosialisasi ini untuk mempersiapkan progam-progam HIPPA, setelah ada program itu supaya ada kordinasi dan komunikasi antara ketua dan anggota. Dan kemudian ada wilayah kerja yaitu D.I sumber minum 27 hektar, D.I paras 23 hektar, D.I bareng 11 hektar, D.I sumber juwet 2 hektar, D.I sumber gedang 6 hektar, D.I sumber gempol 8 hektar, D.I sumber pasu 23 hektar, D.I sumber gapok 8 hektar dan itulah wilayah kerja dari pak suroto dan anggota. Ada pertanyaan itu semua tetep 27 hektar apa berkurang dari 27 hektar, karena airnya berkurang jadi kayak petani sudah potifasi petani gak mau menanam lagi atau sudah di bangun apa, lah ini salah satunya tugasnya HIPPA dan anggota,” jelasnya.

Kepada awak media , Bapak Boedi Tjahjono menyampaikan, “Jadi program HIPPA ini kita fokuskan ke sumber daya manusia nya dulu, kita ajari secara teknis maupun non teknis kita berikan suatu kajian. Tiap HIPPA akan di ajarin cara mengkondisikan air dan bagaimana cara mengolah tanah, jadi itu tujuan pembinaan ini,” imbuhnya. (Win/wid)

Tags : MalangSingosariUPT.SDA Singosari

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: