close
HIBURAN, SENI & BUDAYA

Kalianget Gelar Karnaval Adat Budaya Tradisional dalam Kalender Tahunan

PRN SUMENEP – kegiatan karnaval dengan tema ‘ADAT BUDAYA TRADISIONAL MADURA’ adalah bagian dari kalender tahunan Kecamatan Kalianget, guna mengisi Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-73 Tahun 2019, dengan jumlah peserta 34 yang terdiri dari; SDN Kalanget Barat 1, SMP, SMA, SMK, Lembaga Pemerintah di kecamatan Kalianget dan organisasi Masyarakat serta PT Garam Persero.

Kegiatan Karnaval kalender tahunan tersebut digelar guna Dalam rangka menanamkan nilai-nilai semangat patriotisme 45 dikalangan masyarakat hususnya bagi generasi muda agar mereka tetap memiliki semangat juang untuk selalu mempertahankan kemerdekaan RI. Yang berstat didepan balai desa kalimo’ok mengarah ke timur lapangan Sepak bola Adirasa, desa Kalianget Timur, Kecamatan Kalianget, kabupaten Sumenep. Kamis 29/08/2019.

Yang hadir dalam Kegiatan Karnaval Adat budaya tradisional Madura tahun 2019 tersebut; Drs. H. Imam Fajar., MM, Camat Kalianget, Kapolsek Kalianget, Dirut PT Garam Persero yang di wakili, Segenap panitia hari Nasional sekecamatan Kalianget, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Kelopak Kerja Guru Olahraga (KKGO) sekecamatan Kalianget, semuanya telah memberikan kontribusi positif atas lancarnya pelaksanaan kegiatan karnaval adat budaya tradisional Madura ini.

Dalam keterangan Drs. H. Imam Fajar., MM, usai sambutan menyampaikan bahwa, Budaya Karnaval (Pawai) adalah salah satu bagian dari kalender tahunan yang dilakukan di kecamatan Kalianget untuk mengisi dan memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke 74 tahun, semua itu adalah bukti keperdulian masyarakat Kalianget untuk HUT kemerdekaan RI yang harus di cintai, tentu saja semua ini adalah kegiatan yang positif dari kerja keras semua panitia dan masyarakat setempat.

“Kegiatan karnaval ini setiap tahun harus terus ditingkatkan untuk memberikan tontonan dan hiburan kepada masyarakat Kalianget guna untuk mengisi HUT kemerdekaan RI ke 74 tahun.” Kata Imam Fajar.

Harapan Camat Kalianget kegiatan karnaval kalender tahunan ini tetap diadakan dan ditingkatkan.

Dari pantauan awak media PRN Sumenep, Agus Selaku PJ Pemerintah desa Kalimo’ok, sangat mendukung sekali apa yang menjadi program tahunan kalender, dan kami selaku Pemerintah desa Kalimo’ok sudah menyediakan tempat dan juga keamanannya,

“sehingga masyarakat kalimo’ok bisa merasakan kenyamanan disaat menyaksikan berbagai budaya yang di tampilkan oleh setiap masing peserta karnaval, yang bertujuan untuk siswa murid agar bisa mengenal adat budaya tradisional Madura.” Ucapannya.

“Dengan harapan supaya kegiatan karnaval ini bisa menjadi agenda tahunan yang bisa terus ditingkatkan lagi,” Harapan nya.

karnaval adat budaya tradisional Madura karena selama ini karnaval bersifat Informatif dan menurut hemat tidak memberikan pencerahan kepada masyarakat, tapi hal ini sudah 3 tahun jalan karnaval bersifat Indikatif guna memberikan pencerahan kepada masyarakat bagaimana sebenarnya budaya tradisional Madura yang harus dipertahankan dan dikembangkan dimasyarakat. (erfandi).

Tags : Kalender TahunanSumenep

Leave a Response

*