close
HUKUM

Diduga Tidak Kantongi Ijin Berlayar, Kapal Tangker Isi Solar 50.000 Liter ‘KABUR’

PRN SUMENEP – Petugas yang berwajib diperairan laut Sumenep Syahbandar dengan satpol air kalianget Polres Sumenep telah kecolongan dengan adanya kapal tengker R J (Nama Kapal disingkat) dari Banjarmasin yang sudah masuk ke wilayah hukum Polres Sumenep yang bersandar di Dermaga Kebun Dadap Sarong-Sumenep yang sudah terisi 50.000 Liter BBM jenis solar dan kabur begitu saja tanpa jejak dari pengawasan Sabandar Kalianget.

Menurut keterangan dari Sarkawi Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Kelautan, bahwa kapal tanker tersebut yang sudah terisi 50.000 Liter BBM jenis solar dan rencananya mau di isi 150.000 liter dari Sumenep, terlihat sudah bersandar di dermaga Kebun Dadap kecamatan Sarunggi kabupaten Sumenep Ujung timur Pulau Garam Madura, Rabu 28/08/2019. Kamis 29/08/2019 kapal tanker tersebut sudah tidak terlihat dan kabur meninggalkan Dermaga Kebun Dadap.

Masih lanjut keterangan Sarkawi, kapal tanker ‘F J’ tersebut bermasalah dengan surat ijin berlayar yang mengisi 50.000 Liter Solar, dan sudah dalam penanganan Sabandar Kalianget.

“Kemarin dari nahkoda kapal tersebut sudah di panggil dan diperiksa Syabandar dan mengakui bahwa kapal tanker tersebut tidak mengantongi izin berlayar keluar wilayah, hanya untuk wilayah Banjarmasin dan surat surat ijin kapal tanker tersebut masih di sabandar Kalianget.” Kata Sarkawi kepada awak media PRN Sumenep. Sabtu 31/08/2019.

Tapi sekarang kapal tanker yang sudah terisi 50.000 liter BBM Jenis solar tersebut sudah tidak ada di dermaga Kebun Dadap kecamatan Sarunggi, yang sudah di duga kuat ada pelanggaran tindak pidananya kapal tanker tersebut pergi begitu saja dari pengawasan Sabandar Kalianget, karena sudah banyak di denger oleh beberapa elemen masyarakat.

Sedangkan hasil investigasi awak media PRN Sumenep kepihak Sabandar Kalianget, Edi Sucipto Petugas lalulintas angkutan laut pelaksana harian sebagai pengganti Kepala UPT dirjen perhubungan laut sabandar Kalianget, mengiyakan informasi tentang kapal tanker yang mengisi 50.000 Liter BBM jenis solar tersebut yang bersandar di Dermaga Kebun Dadap Saronggi.

“Iya mas saya juga baru dengar informasi tersebut dari teman teman barusan karena saya baru masuk kantor hari ini, tapi saya tidak bisa menjelaskan begitu detil karena saya masih belum tau kronologis nya dari awal mas,” Ucap Edi S kepada awak media PRN Sumenep, Senin 02/09/2019.
BERSAMBUNG…. (erfandi)

Tags : Kapal KaburSumenep

Leave a Response

*