close
KABAR JATIM

“WUJUDKAN UDARA BEBAS POLUSI” TEMA HARI LINGKUNGAN HIDUP SE-DUNIA 2019

PRN SUMENEP – Demi mewariskan lingkungan bersih kepada anak cucu Bangsa, Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) se-Dunia tahun 2019, Pemerintahan kabupaten Sumenep menggelar kegiatan dengan tema “BIRU LINGKUNGANKU, HIJAU BUMIKU”, dengan melakukan aksi bersih bersih pantai (Coastal Clean Up) di lapangan Merdeka sebelah timur kantor pusat PT. Garam Persero, desa Kalianget Timur, Kecamatan Kalianget, kabupaten Sumenep, Ujung timur Pulau Garam Madura, Jum’at Pagi 13/09/2019.

Dalam kegiatan Wujudkan Udara Besar Polusi yang bertema “BIRU LANGITKU, HIJAU BUMIKU” di hadiri langsung oleh Bupati Sumenep A. Busyro Karim, M.Si., Djamaluddin, S.H., M.H. Kajari Kabupaten Sumenep, Polres Sumenep, Nurfitriana anggota DPRD Jatim, Ketua GOW Nia Kurnia Fauzi, Ketua DWP Chosnul Chotimah Edy, segenap pimpinan OPD Sumenep, Camat, Polsek Kalianget, Koramil Kalianget, pimpinan perusahaan, Elemen masyarakat serta para undangan yang hadir.

Dalam kegiatan tersebut dikemas dalam berbagai rangakain kegiatan yang dimulai dengan Menyanyikan lagu Indonesia raya yang dilanjutkan dengan pembacaan doa, setelah itu Laporan ketua pelaksana oleh Kepala Dinas lingkungan hidup Kab Sumenep

Acara tersebut dihibur dengan Penampilan tari cebing Sumenep oleh SMPN 4 Sumenep. dan dilanjutkan Pemberian penghargaan kepada sekolah adiwiyata dan ketaatan perusahaan, bantuan sembako kepada lima orang pemulung. Serta Penyerahan armada persampahan dump truck amroll dan kendaraan roda tiga

Setelah itu Sambutan dari Bupati Sumenep A. Busyro Karim, berharap pada kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, diharapkan agar kita semua dapat menambah semangat untuk senantiasa memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan, khususnya dalam menjaga kebersihan lingkungan sebagai bagian dari pada iman.

“Melihat realitas kondisi bumi saat ini, dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia diharapkan mampu membangun kesadaran kolektif elemen masyarakat untuk melakukan aksi-aksi nyata untuk kelestarian kebersihan lingkungan sebagai bagian dari Iman,” Ucap A. Busyro Karim.

Masih dalam sambutan Bupati, “Bumi hanya satu jadi mari kita rawat, seperti kita merawat diri sendiri. Apalagi melestarikan bumi bukan hanya untuk kita saat ini, namun demi anak cucu di kehidupan masa mendatang,” tutup A. Busyro Karim,

Sebelumnya, Peringatan Hari Lingkungan Hidup dan Pencanangan Eco Office ini diprakarsai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumenep yang dikepalai oleh Koesman Hadie yang menyampaikan dalam sambutannya , kegiatan peringatan Hari Lingkungan Sedunia dengan tema ‘BIRU LANGITKU, HIJAU BUMIKU’, bertujuan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat sekarang dalam menjaga kebersihan lingkungan supaya bersih, nyaman, dan ramah.

“Semua kegiatan ini penting dilakukan untuk kita semua karena mengingat kondisi lingkungan Bumi sekarang semakin mencemaskan dalam kebersihannya,” kata Koesman Hadie

Setelah sambutan selesai acara dilanjutkan dengan Kampanye zero plastic dan Franmen lingkungan oleh SMAN 1 Batuan yang bertema biru langitku hijau bumiku, serta diteruskan Penampilan yel yel kader lingkungan hidup dari Desa Kalimook.

Setelah kegiatan tersebut melakukan Pemecahan kendi, semua para hadirin yang datang lanjut melakukan Kegiatan bersih bersih sampah di sekitaran pinggir pantai Taman merdeka dan Gedung Gerak PT Garam Persero Kalianget. (erfandi)

Tags : Hari Lingkungan HidupSumenep

Leave a Response

*