close

PRN MAGETAN – Dalam rangka memperingati 1 Muharram 1441 H bertepatan dengan 1 Suro menurut penanggalan Jawa Warga Dusun Dupak Desa Ngadirejo Kec Kawedanan Kab Magetan melaksanakan acara bertajuk Gebyar Budaya 2019. Kegiatan ini berlangsung di 2 Punden desa Setempat yaitu Punden Blubuk dan Sepitikan (Minggu 22 September 2019)

Dalam kegiatan ini mengambil tema Cipto Roso Cipto Budoyo yang berarti Cipta Rasa Cipta Budaya. Beni Setyawan selaku ketua panitia menuturkan ” acara ini adalah kegiatan yang ramah anak dan ramah keluarga karena karena tidak ada miras sama sekali yang biasanya disisipkan pada acara serupa di desa lain, dalam kegiatan ini bersih dari miras, selain itu juga didalamnya diselingi acara yang berisi unsur edukasi.Diantaranya belajar hidup tertib dan budaya antri saat gunungan ysng diberi nama Dupakancala (Gunungan Dupak) diperebutkan. ”

Acara ini didukung oleh Pemerintah desa Ngadirejo warga desa Ngadirejo juga disuport oleh :
1.TPID KEC KAWEDANAN
2.PDAM LAWU TIRTA
3.BPR EKADHARMA BHINARAHARJA
4.SPE PT SEKAWAN GAS NUSA
5.KOPERASI SENTOSA MAKMUR
6.TRENGGINAS GRUP
7.UD.LANGGENG BETON
8.SYAFAAT DUPAK
9.KPTR SARI MADU

Selain itu yang menarik dalam kegiatan ini adalah ditampilkannya arak arakan Gunungan yang diberi nama Dupakancala yang diisi oleh semua produk UMKM dan barang dagangan dari seluruh warga RW 1 yang dibeli oleh panitia dengan harapan agar terwujud peran serta pemerintah desa dalam mensuport perekonomian masyarakat desa, serta untuk mendekatkan pemerintah dengan warga desa.

Acara ini berlangsung meriah dihadiri sekitar 600 warga desa Ngadirejo. Selain itu kegiatan ini juga diisi atraksi silat dari PSHT, yang menampilkan atraksi seni beladiri tradisional asli Indonesia.

Acara yang berlangsung Jam 13:00-17:00 ini meninggalkan kesan yang mendalam bagi sebagian warga RW 1 dan mereka berharap agar kegiatan ini bisa lestari seperti yang dituturkan oleh Mbah Imam Maliki salah satu tokoh agama di dusun Dupak “Kami berharap agar Gebyar Budaya ini bisa lestari sebagai wujud dalam melestarikan budaya nenek moyang yaitu mendoakan leluhur desa Ngadirejo umumnya dan khususnya leluhur dusun Dupak “ujarnya. Video kegiatan ini bisa di klik di https://youtu.be/HzbJD0nssW0 (jurnalis :Beni Setyawan)

Tags : Gebyar RuwatanMAGETAN

Leave a Response

*