close
KABAR JATIM

KIA…Upaya Perlindungan Pemerintah Terhadap Anak Dibawah 17 Tahun

PRN MADIUN – Kartu Indetitas Anak (KIA) merupakan identitas resmi untuk anak yang masih berusia dibawah 17 tahun dan belum menikah.

Pemerintah menerbitkan KIA bertujuan untuk nendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik untulk mewujudkan hak terbaik bagi anak.

Untuk itu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Madiun tak mau ketinggalan mengejar target pencetakan KIA.

Berdasarkan database Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Madiun, , sampai saat ini sudah lebih dari 30 ribu anak di wilayah Kota Madiun telah mendapatkan KIA sejak tahun 2018.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Madiun Nono Djatikusumo mengatakan sejak tahun 2018 pihaknya terus melakukan pencetakan KIA, dengan jumlah kepemilikan KIA sebesar 30.452 keping.

Sedangkan target keseluruhan sesuai jumlah anak usia 0-17 tahun kurang sehari dan belum menikah kondisi per September 2019, adalah sebesar 48.810.

Saat ini proses pencetakan sudah mencapai 65%. Nono optimis target yang ditetapkan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri dapat terpenuhi hingga akhir tahun.

Menurutnya keberadaan KIA ke depan sangat penting misalnya dapat digunakan sebagai pelangkap dokumen pendaftaran sekolah, membuka rekening bank bagi anak-anak, dan lain-lain.

Yang jelas, KIA untuk memudahkan anak dalam mendapatkan pelayanan publik ungkapnya.

Harapanya target KIA dapat segera tercapai dan anak anak di Kota Madiun segera bisa merasakan manfaatnya. Tak tinggal diam Dispendukcapil Kota Madiun pun melakukan upaya jemput bola ke sekolah sekolah untuk mencetak dan membagikan KIA yang sudah tercetak sehingga kartu identitas tetsebut dapat segera sampai kepada pemiliknya” tutur Nono Djatikusumo. (adv/Toni)

Tags : Kepedulian PemerintahMadiun

Leave a Response

*