close
HIBURAN, SENI & BUDAYA

HUT KE-750 SUMENEP MENGANGKAT FESTIVAL KULINER 750 KALDO KOKOT DAN DESTINASI WISATA ALAM.

PRN SUMENEP, Kota Sumenep ini kaya dengan tempat wisata dan kesenian budaya lokal serta tempat tempat bersejarah seperti masjid agung Jamik Sumenep, Pendopo keraton Sumenep, Asta tinggi tempat makam Para raja raja Sumenep terdahulu dan kota kuno Kalianget, Selain itu Sumenep juga kaya dengan Festival kuliner khas Sumenep. Dan Sumenep mendapat julukan kota keris Karena sumenep ini memiliki 600 lebih empuh pembuat keris terbanyak.

Bertepatan dengan hari Jadi kota Sumenep yang ke-750, Pemerintah kabupaten Sumenep bersama dengan Masyarakat setempat melalui dinas PARBUDPORA Sumenep menggelar Festival Kuliner dengan Jumlah 750 KALDO KOKOT dan Festival Topeng dalang remaja yang di gelar di sepanjang areal jalan sebelah timur Taman Bunga Adipura Sumenep Ujung timur Pulau Garam Madura, Sabtu malam, 12/10/2019.

Dalam pantauan awak media PRN Sumenep, kegiatan pembukaan Festival kuliner dan Topeng dalang remaja tersebut di hadiri langsung oleh; A. Busyro Karim Bupati Sumenep beserta Istri, Achmad Fauzi wakil bupati Sumenep beserta Istri, Sekda berserta istr, Forkompimda kab. Sumenep, Staf Ahli Bidang Multi Kultural Kementerian Pariwisata RI, Chef Juna Rorimpandey, Polres Sumenep, Kodim 0827 Sumenep dan segenap Camat sekabupaten Sumenep.

Dalam sambutan Bupati Sumenep A. Busryo Karim pada kesempatan itu mempromosikan tempat tempat wisata melalui para pelaku wisata semua ini adalah bagian dari kabupaten Sumenep bagaimana terus mencoba dan mencoba agar kabupaten Sumenep potensi juga bisa meningkat bukan hanya diam saja, yang nantinya akan bisa dirasakan oleh semua masyarakat yang ada di kabupaten Sumenep.

“Dari tahun ke tahun data yang sudah masuk jumlah wisatawan yang masuk ke kabupaten Sumenep Terus meningkatkan tiap tahunnya.” Ujar Bupati.

Macam macam destinasi wisata yang ada di kabupaten Sumenep, seperti kota keris ada 600 empuh yang diantaranya wanita, Dan macam macam potenis yang sumenep miliki seperti potensi alam yang di antaranya: Pantai Gili labek, Pantai Sembilan, Pantai Lombeng, Pulau Giliyang, Gua Sukarno, kampung Pasir dan masih banyak lagi yang bisa di lihat di kabupaten Sumenep.

“Insyaallah tempat tempat wisata yang ada di kabupaten Sumenep tidak akan kalah menarik dengan tempat wisata di luar wilayah Sumenep”, Tutur A. Busyro Karim di depan Para tamu undangan yang hadir.

Lanjut A. Busyro Karim bahwa, Pada saat kegiatan festival kuliner yang di lakukan ini tentu saja ingin mengangkat sajian kuliner yang ada di kabupaten Sumenep, Minggu besok kita akan menyajikan 750 kaldu Kokot, semua ini kita lakukan tentu saja ingin melestarikan kuliner yang ada di Sumenep.

“Saya berharap para pelaku wisata ikut andil mempromosikan wisata, karena hal itu akan membuka ruang investasi seperti penyediaan agen travel, restaurant, penginapan, cinderamata dan dan lain lain,” harapnya.

Sementara Staf Ahli Bidang Multi Kultural Kementerian Pariwisata RI, Guntur Sakti, mengapresiasi segudang potensi destinasi wisata alam yang ada di Sumenep. Dengan demikian ia akan bisa meyakini, Sumenep akan menjadi daerah yang menjadikan pariwisata sebagai ‘Leading Sector’. Keyakinan itu didasarkan karena Sumenep memiliki potensi wisata alam yang luar biasa.

“saya mengucapkan selamat untuk hari jadi kota Sumenep ke 750 dari bapak menteri Pariwisata RI. Yang membuat kami surface selain melihat masyarakat yang tumpah ruah memenuhi lokasi ini saya melihat STAN kuliner tahun ini berbeda karena semua tenda di hiasi dengan gernak gernik lampu lampion dan kemudian sudah mengusung kampanye untuk mengurangi pemakaian limbah plastik.” tutup Guntur Sakti dalam sambutannya

Saya ingin memberikan setrategi kabupaten Sumenep harus bisa mengusung parawisata sebagai leading sektor dan sukses. Seperti Surabaya yang menjadi kota berstandard Internasional, kota Malang yang PAD nya meningkatkan luar biasa, Banyuwangi dan Jember sekarang menjadi leading sektor wisata,

“Sumenep ini sudah nampak ada gejala gejala dan saya tidak ragu lagi kerena potensi yang ada di Sumenep sangat luar biasa untuk bersaing destinasi wisata

Tags : HUT SumenepSumenep

Leave a Response

*