close
LAWAN KORUPSI

Fungsi TP4D Berperan Penting dalam Pencegahan Kecurangan di Pendampingan Proyek Pemerintah

PRN SUMENEP – Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) diharapkan dapat berperan sebagai tim kontrol yang handal dalam pengawasan pekerjaan pembangunan di Kabupaten Sumenep, pasalnya tidak sedikit pekerjaan proyek yang gunakan uang rakyat dikerjakan asal-asalan.

Dari pantauan awak media Pena Rakyat News, mendapati beberapa titik proyek yang terkesan kurang transparan, seperti halnya pemasangan papan proyek, hal ini penting guna keterbukaan informasi kepada publik dan perihal papan proyek juga terdapat dalam RAB dan ketentuan lelang.

Proyek yang dianggarkan oleh negara untuk PU Cipta Karya terbilang tidak sedikit, seperti halnya Pembangunan parkir mobil, Pembangunan Rumah dinas Bupati Sumenep, Pekerjaan Rehap atap rumah dinas di areal Rumah dinas Bupati Sumenep tidak terdapat papan proyek, hanya proyek parkir saja yang ada itupun disembunyikan didalam.

“Papan proyek itu tidak begitu penting mas, tergantung dari dinas terkait yang menganggarkan, soalnya di sini tidak dianggarkan mas” ungkap orang yang mengaku pengawas seolah proyek ini milik bapak kandungnya sendiri.

Sementara keterangan yang kurang mendidik juga terlontar dari Hery Kushendrawan Kabid pembangunan dan lingkungan PU Cipta Karya Sumenep dengan tegas melalui WA Seluler tentang papan proyek tersebut sudah masuk dalam sistem.

“Insyaallah papan nama ada di dalam sistemnya boz…tp sy akan check lg…mator
sakalangkong masukannya… 🙏🙏”, WA Hery.

Menanggapi hal ini Sunarto selaku pengamat dan pelaku proyek pengerjaan proyek pemerintah menyesalkan jawaban dari beberapa nara sumber, pasalnya jawaban yang mendatar seperti tersebut dapat diartikan meremehkan suatu pekerjaan, menurut Sunarto semua proyek pemerintah tidak boleh sembunyi-sembunyi, semua harus transparan mengingat yang digunakan adalah uang rakyat, pemasangan papan proyek adalah standart utama dalam mengawali sebuah proyek, kalau itu tidak dilakukan berarti patut dilakukan pengawasan dan kontrol yang lebih ketat dan ini sebenarnya tugas TP4D. Pungkas Sunarto.
Jurnalis : Erfandi.

Tags : Fungsi KontrolSumenep

Leave a Response

*