close
BISNIS, EKONOMI

Peringati Hari Kesehatan Nasional, Dinkes Bantaeng Helat Baksos Serentak 55 Titik

PRN  Bantaeng – Ada yang unik dan menarik menjelang peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2019 di Kabupaten Bantaeng. Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng menggelar Bakti Sosial (Baksos) secara serentak di 55 titik yang tersebar di seluruh daerah ini, Jum’at (08/11/19).

“Sebanyak 55 titik serentak kita laksanakan Baksos hari ini. Tersebar di seluruh wilayah kerja Puskesmas”, kata Andi Ihsan, Kadis Dinkes Bantaeng.

Adapun titik sentral Baksos dengan tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul” itu ditempatkan di Kampung Libboa, Kelurahan Karatuang, Kecamatan Bantaeng. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng, Hj Sri Dewi Yanti turut hadir sekaligus membuka secara resmi Baksos.

Ditambahkan Ihsan bahwa jumlah titik sebanyak itu sengaja dipilih, mengacu pada usia HKN yang ke-55 tahun. HKN sendiri diperingati tanggal 12 November 2019.

“Kita berharap melalui Baksos ini bisa menumbuhkan gotong royong bagi masyarakat yang semakin tergerus kemajuan zaman seiring maju dan berkembangnya teknologi”, tukasnya.

Sementara HKN ditujukan mengajak masyarakat untuk memiliki budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan atau perilaku kurang sehat. Baksos kali ini diwarnai dengan gerakan membersihkan lingkungan.

Di Libboa, ada beberapa kegiatan tambahan yang tidak dilaksanakan di 44 titik lainnya. Diantaranya pemeriksaan kesehatan lengkap berupa check-up kolesterol, asam urat dan gula darah.

Senada disampaikan Idris selaku Ketua Panitia yang juga adalah Kepala Puskesmas Loka di Desa Bonto Marannu, Kecamatan Ulu Ere. Rangkaian kegiatan melibatkan sejumlah dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan.

“Warga disini mendapat PMT (Pemberian Makanan Tambahan) seperti biskuit untuk bayi. Termasuk juga PMT kepada Ibu hamil dan lansia”, urainya.

Selain itu warga Libboa yang mencapai 20 KK (Kepala Keluarga) dari total rumah 17 unit mendapatkan penyuluhan dan sosialisasi. Beberapa anak disunat secara cuma-cuma dengan teknik dan metode laser.

“Alhamdulillah bersyukur karena kepedulian Pemerintah kepada kami. Disini masuk RT 01, RW 01 Kampung Libboa, ada 17 rumah dan dihuni kurang lebih 20 KK dari 25 KK yang ada karena sebagian pergi merantau”, ujar Kadir selaku Ketua RT 01.

Tak kalah menariknya, selama Baksos digelar, Dinkes Bantaeng menyajikan makanan dari bahan pangan lokal untuk dinikmati warga serta tetamu. Disebut-sebut bagian dari Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat (Germas), panitia bahkan menyiapkan air minum yang telah dimasak sebagai pengganti air kemasan sekali pakai dalam rangka mendukung upaya pengurangan sampah plastik. (Syam)

Tags : BantaengHari Kesehatan

Leave a Response

*