close
KABAR JATIM

Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) kab Magetan 2019.

PRN Magetan – Bertempat di Balai pertemuan Kelurahan Tawanganom Kec Magetan Kab Magetan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab Magetan melakukan Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) (Senin 11/11/ 2019)

Dalam kegiatan ini sebagai narasumber adalah Imam Chotib S.Sos, M.Si kasi Pendampingan Masyarakat dinas PMD Propinsi Jawa Timur .Dalam paparannya Imam Chotib S. Sos,M.Si menuturkan”Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) adalah anggota masyarakat desa atau kelurahan yang memiliki pengetahuan, kemauan dan pengetahuan untuk menggerakkan masyarakat berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat dan pembangunan partisipatif. Aspek penting dalam suatu program pemberdayaan masyarakat adalah program yang disusun sendiri oleh masyarakat, mampu menjawab kebutuhan dasar masyarakat, mendukung keterlibatan kaum miskin,dan kelompok yang terpinggirkan lainnya, dibangun dari sumberdaya lokal, sensitif terhadap nilai nilai budaya lokal dan memperhatikan dampak lingkungan serta tifak menciptakan ketergantungan ” paparnya.

Kadin PMD Kab Magetan Eko Muryanto dalam sambutannya mengatakan “Bertepatan dengan moment Hari Pahlawan oleh karena itu kita semua diharapkan menjadi “pahlawan ” bagi keluarga maupun lingkungannya. KPM diharapkan mampu menjadi inisiator agar arah pembangunan desa lebih pada pengembangan sumber daya manusia,bukan pada pembangunan infrastruktur saja,untuk tahun 2020 Pemberdayaan masyarakat akan ditaruh di depan. “ujarnya.

Endang Ambarwati kabid Pemberdayaan dan pengembangan desa dinas PMD kabupaten Magetan mengatakan “kegiatan ini adalah amanah UU oleh karena itu kegiatan pelatihan akan dilakukan secara berkesinambungan, karena Kader KPM adalah aset yang luar biasa dimiliki oleh desa karena bersifat sukarela. “ungkapnya.
Video kegiatan ini bisa di klik di http://www.youtube.com/c/BeniSetyawanMagetan (Jurnalis Beni Setyawan)

Tags : MAGETANPeringatan Hari Pahlawan

Leave a Response

*