close
KABAR JATIM

POLRES SUMENEP SIAP MENGAWAL AKSI DEMO AKTIVIS KALIANGET BERSATU 

PRN SUMENEP – Senin 09/12/2019, Perwakilan pendemo dari Aktivis Kalianget Bersatu (AKB) menghadiri panggilan dari pihak Polres Sumenep untuk mendapatkan pengarahan dan masukan dalam melakukan aksi demo yang akan di lakukan oleh gabungan sejumlah LMS, Wartawan dan Masyarakat yang tergabung dalam Aktivis Kalianget Bersatu besok, Selasa 10/12/2019, sekitar pukul 09.00 wib, titik kumpul di rumah Sarkawi (ketua AKB) desa Kalianget Timur, kec.kalianget, menuju kantor DPMD Sumenep – kantor DPRD Sumenep dan kantor Pemkab Sumenep.

Menurut keterangan Sarkawi, Sebelumnya sudah berkirim surat penolakan hasil pilkades desa Kalianget timur yang diduga cacat hukum dan cacat administrasi kepada DPMD Sumenep, 18/11/2019, dan sebelumnya juga berkirim surat pengaduan penolakan tersebut kepada ketua BPD desa Kalianget Timur tgl 28 /11/2019. Sampai saat ini tidak ada tanggapan.

“Aksi demo besok ingin menyampaikan aspirasi masyarakat terkait beberapa poin temuan kejanggalan di dalam pelaksanaan Pilkades Kalianget Timur lalu, yang di antaranya:
-Menolak hasil Pilkades Kalianget Timur,
-Menuntut Pilkades Diulang,
-Pelaksanaan Pilkades Terindikasi,
-Pelanggaran Hukum Administrasi Pelaksanaan Pilkades,
-Hukum Tegas Pelanggaran HAM”, Ucap Sarkawi kepada awak media PRN Sumenep.

Aksi demo Aktivis Kalianget Bersatu yang akan di lakukan Selasa 10/12/2019 mendapat dukungan penuh dari pihak Polres Sumenep, karena dalam menyampaikan aspirasi itu adalah hak dari masyarakat yang mana sudah di atur dalam Undang Undang (UU) NO.9 Tahun 1998, tentang kebebasan berpendapat/ beraspirasi, tapi tetap kita jaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Dalam wawancara Rohim kasat Intel Polres Sumenep dengan awak media PRN Sumenep menyampaikan bahwa, Bila ada permasalahan terkait pelaksanaan Pilkades nantinya kalau memang jalur hukum yang ingin ditempuh silahkan ke Peradilan Tata Usaha Negara  (PTUN) sesuai dengan bukti buktinya sehingga bisa dilakukan proses hukum.

Dan Rohim berharapan bahwa kota Sumenep ini kota yang sangat arif dan damai sehingga kedepan bisa lebih maju lagi, ada ruang gerak untuk menyampaikan aspirasi sehingga nanti bisa ditemui siapa saja tidak masalah maupun legislatif maupun yudikatif, sehingga masyarakat tidak perlu lagi melakukan aksi demo.

“kepada para pendemo besok harus yang Arif apapun itu bentuknya kita membawa masyarakat Sumenep dan nanti kita dari pihak Polres Sumenep akan mengawal untuk kedamaian, jangan sampai ditunggangi oleh kelompok yang tidak bertanggungjawab, tetap Kamtibmas di jaga untuk nama baik kabupaten Sumenep,” Harapan Rohim diruang kerjanya. Senin 09/12/2019.

Masih dalam keterangan Rohim, “ini yang perlu kita jaga bersama dan jangan sampai kota kabupaten Sumenep kurang Arif, kita harus menyampaikan aspirasi dengan santun dan bijak apapun itu bentuknya nanti harus di selesaikan dengan Permusyawaratan yang berdasarkan Pancasila.” Tutupnya.

Jurnalis : Erfandi

Tags : Kalianget BersatuSumenep

Leave a Response

*