close
KABAR JATIM

SMPN 1 KARANGAN : Wujudkan Peduli, Kebersamaan, Toleransi, Kreatif Dan Karakteristik Anak Melalui Sekolah Ramah Anak

PRN TRENGGALEK – Diera globalisasi dan kemajuan teknologi saat ini, salah satu tujuan Jarwoto.S,Pd kepala sekolah SMPN 1 Karangan selain mengedepankan prestasi dibidang pendidikan akademik dan non akademik juga menjadikan sekolah yang dipimpin menjadi tempat yang ramah anak dan berbasis teknologi.

SMPN 1 Karangan yang berlokasi di Jl. Raya Karangan, Karangan, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek  ini ditunjang dengan berbagai fasilitas diantaranya 24 ruang kelas,3 ruang laboratorium,1 ruang perpustakaan dan 6 sanitasi siswa.

Dengan jumlah siswa 725 dibantu 48 guru pendidik dalam memajukan SMPN 1 Karangan sehingga visi dan misi sekolah bisa di aplikasikan melalui progam-progam belajar mengajar di sekolah.

Sekolah Ramah Anak (SRA) salah satu progam SMPN 1 Karangan yang bertujuaan untuk menjadikan peserta didik untuk dapat berpikir kreatif, kritis dan peduli.

Hal itu dapat ditumbuh kembangkankan apabila suasana belajar dan proses pembelajaran di sekolah dilaksanakan dengan professional dan sesuai dengan karakteristik anak.

Saat ditemui diruangannya Jarwoto S,Pd menjelaskan,”selain pendidikan akademik dan non akademik,baru-baru ini sekolah kami juga melaksanakan progam sekolah ramah anak yang berorientasi pemberdayaan, Kemandirian, Kearifan lokal, Relevan dengan kondisi keseharian anak, serta mengembangkan sistem berpikir kreatif, kritis dan peduli,” jelasnya.

Jarwoto mengatakan sesuai Peraturan Menteri No 12 Tahun 2011 Sekolah Ramah Anak didefinisikan sebagai sekolah yang mampu menjamin pemenuhan hak anak dalam proses belajar mengajar, aman, nyaman, bebas dari kekerasan dan diskriminasi, serta menciptakan ruang bagi anak untuk belajar berinteraksi, berpartisipasi, bekerja sama, menghargai keberagaman, toleransi dan perdamaian.

“Sekolah harus menciptakan kondisi dan situasi yang aman, sehat, dan bersih.program sekolah yang sesuai dengan dinamika zaman, lingkungan sekolah yang mendukung aktivitas peserta didik Juga tak ketinggalan penanaman nilai-nilai luhur, akhlak, juga seni budaya sekolah memang harus ramah anak, juga dengan berbasis teknologi anak-anak harus menjadi seorang inovator,” ujar Jarwoto S,Pd Kepala SMPN 1 Karangan menggakhiri. (bamb/atin)

Tags : Situasi KondisiTrenggalek

Leave a Response

*