32.8 C
Mojokerto
BerandaKABAR JATIMBersih Desa, Warga Desa Sukorejo-Nganjuk Gelar Wayang Kulit

Bersih Desa, Warga Desa Sukorejo-Nganjuk Gelar Wayang Kulit

PRN Nganjuk – Seluruh elemen masyarakat Dusun Duwel, Desa Sukorejo, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, hari ini Jumat (06/7) tumpah ruah di jalan desa guna menghormati leluhur, untuk melaksanakan kegiatan rutin tahunan bersih desa dimana desa merupakan tempat kita tinggal dan menikmati hasil bumi dari berkah Sang PenciptaNya.

Kegiatan diawali dengan membawa tumpeng menuju makam sesepuh atau biasa disebut orang jawa (orang yang babat alas desa tersebut). “Setiap tahunya peringatan Bersih Desa Ketandan dimulai dari nyadran ke tempat makam sesepuh yang dipercaya masyarakat setempat sebagai Akal Bakal Cikal Desa Sukorejo, yang biasanya di laksanakan setiap tahunnya setelah musim panen tiba”, ungkap Andri kepala Desa Sukorejo Setyo Purwantoro kepada awak media.

“Bersih desa merupakan wujud syukur masyarakat kepada sang Pencipta yang telah memberikan nikmat dari hasil bumi, dan tumpeng merupakan gambaran dari hasil bumi yang talah kita dapatkan untuk di bagi bagikan kepada sesama” Imbuhnya.

Tidak hanya itu, pada malam hari di rumah Kepala Desa akan diadakan Wayang dengan dalang Ki Purbo Asmoro. “Semua itu untuk hiburan warga mas.” Tegas Andri (tobing)

- Advertisement -
“fashion”

Sedang Hangat

Berita Menarik Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini