close
BISNIS, EKONOMI

Program Inovasi Desa Dapat Meningkatkan Pengembangan Ekonomi Lokal

PRN Magetan – Sarangan 25-26 Oktober 2018 melalui program inovasi desa (PID), Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magetan adakan Pelatihan peningkatan kapasitas Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) se Kabupaten Magetan.

Pelatihan selama 2 hari ini diikuti oleh 18 TPID dari setiap kecamatan diharuskan untuk mengirimkan 7 orang anggota TPID,TPID merupakan perwakilan warga desa yang memiliki minat besar dalam pengembangan kegiatan /fasilitas/sumberdaya manusia dan inovasi desa yang ada diwilayahnya, mendokumentasikan, membagikan, serta mempromosikannya dan juga kelompok masyarakat yang akan mengelola Dana Bantuan Pemerintah PPID.

“Kegiatan Pelaksana Inovasi Desa sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan banyak referensi dan inovasi inovasi pembangunan desa serta merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal.

Penggunaan dana desa agar berjalan efektif dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran masyarakat.

“Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magetan Drs Iswahyudi Yulianto M.Si ketika membuka kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) se-Kabupaten Magetan tahun 2018 di Hotel Merah 2 Sarangan, Kamis 25 0ktober 2018.

Dalam pengarahannya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magetan menyampaikan, dasar awal pemerintah melaksanakan program inovasi desa (PID) adalah agar penggunaan dana desa dan pembangunan dari dana desa berkualitas dan mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat.

Program inovasi desa diharapkan dapat meningkatkan pengembangan ekonomi lokal, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur desa.Lebih lanjut dikatakan, program inovasi desa memberikan dukungan ke pemerintah desa agar lebih efektif dalam menggunakan dana desa sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan pelatihan TPID diharapkan mampu meningkatkan kapasitas teknis dan substansi program dalam melaksanakan Bursa Inovasi desa yang akan diagendakan 14 November 2018 di Pendopo Surya Graha Magetan”.

Selain itu program inovasi desa dinilai selaras dengan visi misi Bupati Magetan,dimana salah satu progaram unggulan Bupati Magetan adalah meningkatkan peran UMKM wisata Magetan yang merupakan salah satu fokus dari beberapa capturing TPID yang ada.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan TPID, mengetahui tugas dan fungsi TPID khususnya program inovatif berdaya guna, adanya rencana kerja tingkat lanjut yang sinergi dengan Tim Inovasi Kabupaten (TIK),” beber Drs Iswahyudi Yulianto M.Si

(Video kegiatan ini bisa di klik di https://youtu.be/cdhQLb3IABU

Dengan adanya Pelatihan selama 2 hari ini diharapkan TPID se Kab Magetan dapat memahami Tupoksinya masing masing sehingga output yang dihasilkan dapat mewarnai dalam pembangunan di desa desa di Kabupaten Magetan (Beni Setyawan)

Tags : Ekonomi LokalMAGETAN
putri pena

The author putri pena

Leave a Response

*