close
POLITIK

Pilkada Trenggalek Wajibkan Tes Swab di Setiap Tahapan Pilkada

PRN TRENGGALEK | Trenggalek salah satu Kabupaten yang akan mengikuti Pilkada serentak yang diadakan (9/12/20) mendatang ,selain menerapkan protokol kesehatan juga mewajibkan menyertakan hasil tes swab pasangan calon.

Menurut Ketua KPU Trenggalek,Gembong Derita Hadi justru mengaku heran dengan adanya aturan baru yang mewajibkan peserta dari kedua paslon peserta pilkada yakni Alfan-Zaenal dan Ipin-Syah berikut timnya harus menyertakan hasil tes Swab sebagai syarat mengikuti tahapan pilkada seperti halnya penetapan calon.

“Yang menerapkan peserta baik dari tim maupun relawan harus sertakan swab tes hanya Trenggalek,” ujar Gembong, Rabu,(23/9).

“Kami hanya mendengar daerah lain terapkan protokol kesehatan saja,” tuturnya.

Sedangkan protokol kesehatan itu diterangkan Gembong , 20 peserta dari masing-masing tim wajib memakai masker, cuci tangan dan dites suhunya.

“Kebijakan itu dari gugus tugas covid-19 dan kami saat rapat memenuhi undangan di setda,” terangnya.

Sementara, Djoko Rusianto, salah satu gugus tugas covid-19 yang juga menjabat Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek mengaku keputusan swab tes tersebut merupakan hasil rapat bersama antara penyelenggara pemilu dimana ada KPU dan Bawaslu , Forkopimda serta gugus tugas covid.

“Semua untuk memutus mata rantai covid dan menghindari kluster baru,”tegasnya.

Dia juga menegaskan tidak ada tendensi politik terkait kebijakan mewajibkan tes swab itu.

“Tidak ada unsur politik,” pungkasnya. (bamb/atin)

Tags : Tahapan PilkadaTrenggalek

Leave a Response