close
POLITIK

Ketua KPU Sidoarjo Beri Waktu, Bagi Paslon Ingin Menggugat di MK

PRN SIDOARJO | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo sedang melaksanakan penghitungan suara tingkat kabupaten untuk pemilihan bupati dan wakil bupati sidoarjo.

Hasil dari perhitungan ini sebagai acuan dalam menetapkan bupati dan wakil bupati sidoarjo terpilih. Sebelum ditetapkan bupati, masih ada waktu tiga hari bagi Paslon yang ingin melakukan gugatan hasil pilkada.

Mukhamad Iskak Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo menyampaikan bahwa pihaknya mempersilahkan jika ada paslon yang ingin melakukan gugatan, karena itu merupakan hak dari setiap pasangan calon.

“Waktu paslon untuk melakukan gugatan itu maksimal tiga hari setelah penetapan hasil suara,” Katanya

Iskak melanjutkan, baru setelah proses gugatan sudah ada keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo akan melakukan penetapan paslon terpilih.

Jika memang nanti dari ketiga paslon tidak ada yang menggugat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo tetap menunggu pemberitahuan dari Mahkamah Konstitusi (MK) bahwa Pilkada Kabupaten Sidoarjo tidak ada gugatan.

“Maksimal penetapan paslon terpilih selama 5 hari setelah ada pemberitahuan dari MK,” jelas Iskak.

Pada rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten ini dibacakan setiap kecamatan perolehan suara setiap paslon. (Yuli).

Tags : SidoarjoWaktu Menggugat

Leave a Response