close
LAWAN KORUPSI

KLAMPISAN : Biaya PTSL Selangit Materai Pemohon Beli Sendiri

PRN KEDIRI – Luar biasa… Panitia PTSL desa Klampisan berani menabrak aturan yang sudah ditentukan pemerintah memungut biaya mencapai 400 ribu dan materai pengambilan beli sendiri, padahal ketentuannya  untuk wilayah Jawa Bali biaya PTSL hanya 150 ribu.

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan, dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.

Dari hasil investigasi Pena Rakyat News terdapat PTSL di tahun 2019 di desa Klampisan kecamatan Kandangan Kediri yang memungut biaya per bidang bagi pemohon mencapai 400 ribu dan parahnya lagi saat pemohon mengambil sertifikat yang sudah jadi, pemohon diminta menyerahkan 2 lembar materai 6000 dan yang dikuasakan orang lain membawa 3 lembar materai 6000.

Hal ini dibenarkan oleh Sudariyanto warga Klampisan saat bertemu di warung Bu Karen 7/1/20, secara kebetulan Sudariyanto habis dari balai desa hendak mengambil Sertifikat miliknya, dirinya membenarkan bahwa telah membayar biaya PTSL sebesar 400 ribu dan menyerahkan materai 6000 sebanyak 2 lembar.

” Mending bayar 400 ribu ngurus sertifikat ikut PTSL dari pada ngurus sendiri habis jutaan ” ucap Sudariyanto.

Menanggapi terkait besarnya biaya PTSL di desa Klampisan, Fajri selaku kepala desa Klampisan yang baru dilantik membenarkan bahwa panitia PTSL didesanya menarik biaya mencapai 400 ribu, menurutnya hal itu tidak menjadi masalah sebab sudah adanya kesepakatan Warga dan Panitia.

Lebih lanjut saat awak media menanyakan apakah kesepakatan warga dengan panitia ini sudah dikordinasikan dengan pihak Kejaksaan atau Kepolisian dan pihak terkait, Fajri tidak dapat menerangkan dengan alasan masih baru dilantik menjadi kepala desa Klampisan.

Dari berbagai keterangan Nara sumber Pena Rakyat News akan mencari keterangan kepada dinas terkait atas temuan ini, pasalnya menurut acuan peraturan pemungutan biaya PTSL wilayah Jawa-Bali ditentukan paling besar 150 ribu rupiah. (Gun/sh07)

Tags : Biaya PTSL MahalKediri

Leave a Response

*