close
KABAR JATIM

DINAS KOMINFO KOTA MADIUN MENGGELAR SEMINAR INTERNET SAFER DAY DI GEDUNG GCIO

PRN MADIUN – Melalui Dinas Kominfo Kota Madiun di gedung GCIO, Selasa 11/2/2020 menggelar seminar dengan tema Madiun Smartcity menjadi generasi cerdas di Era Socrety 5.0 ini menghadirkan dua narasumber pakar teknologi informatika Prof. Marsudi Wahyu Kisworo dan koordinator program ICT Watch Indriyanto Banyumurti.

Menurut Prof.Marsudi Wahyu Kisworo sebenarnya internet merupakan hal yang netral tapi juga bisa tidak aman dan juga bisa aman bagi bagi pengguna masing masing. Menurutnya pengguna jangan terbiasa mengumbar jati diri yang tidak perlu dan memposting hal yang negatif, pendidikan atau pembelajaran mengenai bagaimana menggunakan internet dengan benar yang penting disitu jadi yang namanya literasi bagaimana anak anak bisa menggunakan internet yang baik dan benar, bukan internet yang benar tapi yang penting penggunanya, jelas Prof. Marsudi.

Sementara itu terkait menuju smart city menurutnya ada belasan hal yang perlu diperhatikan adalah public service atau meningkatkan kinerja pelayanan publik bureaucracy atau meningkatkan kerja birokrasi pemerintah, public policy atau peningkatan efisiensi kebijakan publik dan tourism atau ekosistem pariwisata.

Ada lagi mobility dengan membangun transportasi dan logistik comunity dengan membangun masyarakat yang smart, learning atau membangun sistem edukasi, security atau menjamin keamanan dan keselamatan dan protection atau perlindungan lingkungan.

Lalu busines atau membangun daya saing bisnis city apearance atau penataan wajah kota industri atau penataan industri primer, skunder dan tersier, walware atau peningkatan kesejahtraan masyarakat, transaction atau membangun ekosistim keuangan, hormonya atau harmonisasi lingkungan yang nyaman dan healt atau menjamin fasilitas serta pelayanan kesehatan, ungkapnya.

Madiun itu sekarang sudah memulai menjadi smart city dimana penggunaan internet akan menjadi sangat pasif karena itu masyarakat harus turut berpartisipasi, karena penggunaan internet yang salah justru akan merusak masyarakat sendiri.

Contohnya di Kota Madiun ada wifie gratis sampai tingkat RT, itu kan ketika tidak disertai dengan pendidikan yang benar maka banyak disalahgunakan, tambahnya.

Sementara itu koordinator program ICT Watch Indriyanto Banyumurti menjelaskan saat ini Madiun sudah masuk smart city karena dukungan perkembangan teknologi yang sangat luar biasa karena itu harus diiringi dengan smart people atau masyarakat yang pintar terkait penggunaan teknologi digital, menurutnya ini yang perlu digalakan agar semua masyarakat khususnya di Kota Madiun lebih bisa menggunakan teknologi digital dengan lebih baik. (ADV/TONI)

Tags : Era TecnologiMadiun

Leave a Response

*